Fandom

Narutopedia Indonesia

Bola Mencari Kebenaran

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments2 Share

Bola Mencari Kebenaran[1]
Obito Second Transformation.png
Nama
Kanji 求道玉
Rōmaji Gudōdama
Harfiah Bola Mencari Kebenaran
Lain Senjata Hitam (黒い武器, Kuroi Buki), Tasbih Chakra (チャクラの数珠, Chakura no Juzu)
Debut
Manga Volume #67, Bab #638
Anime Naruto Shippūden Episode #378
Film The Last: Naruto the Movie
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm 4
Penampilan Anime, Manga, Permainan, dan Film
Informasi
Klasifikasi Ninjutsu
Tipe Nature Icon Fire.svg Elemen Api
Nature Icon Wind.svg Elemen Angin
Nature Icon Lightning.svg Elemen Petir
Nature Icon Earth.svg Elemen Tanah
Nature Icon Water.svg Elemen Air
Nature Icon Yin–Yang.svg Elemen Yin–Yang
Kelas Menyerang, Bertahan, Tambahan
Jangkauan Semua jarak
Jutsu Turunan
Formasi Merah Enam Yang
Ledakan Reinkarnasi Roda Emas
Ledakan Reinkarnasi Roda Perak
Rasenshuriken Bola Monster Berekor
Jutsu Terkait
Senjutsu Enam Jalan, Mode Chakra Tenseigan, Bola Mencari Kebenaran Lebar
Pengguna
Asura Ōtsutsuki
Ekor-Sepuluh
Hagoromo Ōtsutsuki
Hamura Ōtsutsuki
Obito Uchiha
Madara Uchiha
Naruto Uzumaki
Toneri Ōtsutsuki (Hanya di Film)

Bola Mencari Kebenaran adalah bola chakra hitam lunak. Berasal dari kekuatan Petapa dari Enam Jalan, mereka terdiri dari semua lima dasar transformasi alam, Elemen Yin-Yang,[1][2] dan mampu meniadakan segala bentuk ninjutsu.[3] Masing-masingnya memiliki ukuran kepalan tangan dan menyembunyikan kekuatan yang cukup untuk benar-benar melenyapkan hutan.[1]

Penggunaan Edit

Bola Kebenaran dapat berbentuk ke dalam berbagai bentuk, yang memungkinkan mereka fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan ofensif, defensif, dan tambahan. Obito Uchiha membentuk bola dengan membuat mereka menembus melalui lubang-lubang yang terbentuk sementara di tangannya,[4] sedangkan pengguna lain tidak menggunakan proses ini dan hanya membentuk mereka.[5] Bola dapat membungkus pengguna untuk bertindak sebagai perisai defensif,[6] atau diluncurkan sebagai proyektil kecepatan tinggi.[7] Mereka juga mampu menyebabkan ledakan besar dengan cepat berkembang dalam ukuran.[8]

Menurut Minato Namikaze, bola ini adalah jenis teknik yang selalu siaga, dari pengaktifan segala sesuatu.[9] Hiruzen Sarutobi menyatakan bahwa teknik ini menggunakan serangan yang langsung mengubah target mereka menjadi debu, mirip dengan Elemen Debu, tetapi sifat fluida teknik ini memungkinkan untuk tujuan baik ofensif dan defensif, dan itu dapat dipertahankan. Hiruzen juga mengungkapkan bahwa, karena substansi ini adalah kombinasi lebih dari tiga transformasi alam, ini bukan sebuah kekkei genkai atau kekkei tota, tetapi lebih besar dari keduanya.[4] Teknik ini dapat memanfaatkan Elemen Yin-Yang untuk membatalkan semua ninjutsu yang menyentuh bola. Akibatnya, kerusakan dilakukan dengan teknik ini pada reinkarnasi. Individu yang biasanya dapat beregenerasi tidak dapat diperbaiki, dan dikatakan individu bisa mati.[3] Namun, bola Kebenaran Obito tidak membatalkan ninjutsu sebelum dia mendapatkan kontrol atas Sepuluh-ekor.[4]

Substansi hitam yang terdiri dari bola sangat tahan lama, hanya mendapat kerusakan dari teknik yang kuat seperti Gajah Senja dan senjutsu-ditingkatkan dan bola monster berekor.[10] Obito menggunakan bahan hitam penerima chakra, menembak mereka dalam enam arah untuk melakukan Formasi Enam Yang Merah.[11] Bola juga dapat digunakan untuk membuat Pedang Nunoboko legendaris.[12][13] Ketika Kaguya memanggil Bola Kebenaran besar, Zetsu Hitam menyebutnya sebagai awal baru dimensi.[2]

Variasi Bentuk Edit

Bola dapat dimanipulasi menjadi berbagai bentuk untuk tujuan yang berbeda.

Kekurangan Edit

Pengguna hanya dapat mengontrol bola yang berjarak 70 meter dari lokasi mereka, yang memungkinkan lawan untuk memisahkan mereka dari pengguna dengan membawa. Mereka ke tempat lain.[14] Hiruzen mengungkapkan bahwa ada kemungkinan batas untuk jumlah waktu yang bola dapat ambil bentuk lain.[4] Setelah melihat efek dari energi alam Gamakichi dengan tekniknya pada Obito, Naruto dan Tobirama Senju menemukan bahwa bola tidak mampu meniadakan senjutsu. Hal ini semakin terbukti ketika Naruto berhasil mendaratkan serangan pada Obito saat berada di Mode Petapa. Hal ini juga menunjukkan bahwa ketika bola berubah bersentuhan langsung dengan teknik berbasis energi alam, bentuk mereka menjadi terganggu.[3] Selain itu, ekspansi yang cepat dari bola mampu merusak tubuh pengguna sendiri jika mereka tidak dilindungi oleh bola lainnya.[8]

Serupa dengan penerima chakra, bola akan hancur jika chakra pengguna menghilang.[15] Klon yang diproduksi oleh pengguna tidak akan memiliki Bola Kebenaran mereka sendiri.[16] Klon bisa, bagaimanapun, diletakkan bola ini kepada mereka.[17]

Trivia Edit

  • Istilah Pencari Kebenaran (求道, Kyūdō; Gudō) berasal dari Mahayana Buddhisme. Kanji 求 berarti berharap untuk, sedangkan Jalan (道, ) dalam doktrin Mahayana adalah untuk menemukan kebenaran hakiki dalam pikiran sendiri.
  • Ketika jinchūriki dari Ekor-Sepuluh mendapat kontrol atas binatang itu, varian shakujō tampaknya secara naluriah terbentuk di tangan mereka. Obito dan Madara Uchiha masing-masing memegang satu setengah dari shakujō lengkap Hagoromo Ōtsutsuki.
  • Dalam publikasi asli dari bab 689, Zetsu Hitam menyebut Kayu sebagai salah satu sifat komponen Bola Kebenaran Kaguya, daripada Air.[2] Masashi Kishimoto menegaskan hal ini adalah kesalahan dalam Edisi#41 dari Weekly Shonen Jump, dan menyatakan bahwa itu akan dikoreksi dalam rilis tankōbon bab ini.[18]
  • Meskipun teknik ini digunakan oleh orang-orang yang telah membangkitkan Teknik Petapa Enam Jalan, namun tidak dikategorikan sebagai senjutsu dalam buku data keempat.[1]

Referensi Edit

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 Buku Data Keempat, halaman 249
  2. 2,0 2,1 2,2 Bab 689, halaman 5
  3. 3,0 3,1 3,2 Bab 642
  4. 4,0 4,1 4,2 4,3 Bab 639, halaman 7-8
  5. Bab 673, halaman 1
  6. Bab 643, halaman 12
  7. Bab 666, halaman 5
  8. 8,0 8,1 Bab 640, halaman 5-8
  9. Bab 669, halaman 6
  10. Bab 669, halaman 15-16
  11. Bab 643
  12. Bab 651
  13. Bab 649, halaman 4-5
  14. Bab 669, halaman 7, 14-15
  15. Bab 680, halaman 10-11
  16. Bab 675, halaman 10-11
  17. Bab 686, halaman 10-11
  18. Weekly Shonen Jump Issue 41 Author Comments

Also on Fandom

Random Wiki