Wikia

Narutopedia Indonesia

Shinju

Dialihkan dari Buah Chakra

1.150pages on
this wiki
Comments0
Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang pohon. Jika anda mencari artikel tentang bab 646 anda harus lihat Shinju. Untuk Kegunaan lainnya, lihat Shinju (disambiguasi)
Shinju
Original Shinju.png
神樹, Shinju
Pohon Dewa
Debut
Manga Volume #67, Bab #670
Anime Naruto Shippūden Episode #381
Film 'The Last: Naruto the Movie'
Penampilan Anime, Manga, dan Film
Pribadi
Spesies Pohon
Status Tidak dapat dipastikan
Keluarga
Ekor-Sepuluh (Inkarnasi dengan Kaguya Ōtsutsuki)

Shinju (神樹; TV Bahasa Inggris "Divine Tree") adalah pohon kuno yang tumbuh dari darah korban selama era perang tak berujung pada masa awal umat manusia, dan dipuja sebagai dewa. Setiap abad, pohon akan menghasilkan buah misterius, yang mana manusia secara khusus diperintahkan untuk tidak meletakkan satu jari di atasnya. Konsumsi buah Shinju melimpahkan kemampuan pada tubuh pemakan untuk menghasilkan chakra kuat.[1][2]

Latar Belakang Edit

Depiction of Kaguya.png

Kaguya digambarkan dengan buah.

Ribuan tahun yang lalu, umat manusia melakukan pertempuran tak terhitung jumlahnya, meninggalkan bumi direndam dalam darah. Pohon ini akan tumbuh dari darah korban, dan mendapatkan perhatian dari Klan Ōtsutsuki, karena melahirkan buah berkekuatan besar. Kaguya Ōtsutsuki, seorang putri dan pemimpin klan, merindukan perdamaian. Setelah memutuskan bahwa hal itu perlu baginya untuk mencapai kekuasaan seperti dewa untuk mengakhiri semua konflik manusia, Kaguya menantang hal tabu mengkonsumsi buah Shinju. Menggunakan kekuatan yang baru-ditemukan-nya, Kaguya seorang diri mengakhiri perang, dan karena perbuatannya, dia dipuja sebagai Dewi Kelinci.

Namun, Kaguya tumbuh menjadi despotik, kekuasaan telah menutup hatinya, beralih ke kontrol manusia dengan kekerasan, sesuatu yang akan mengubah citra publiknya dewi baik hati menjadi iblis.[3][4] Pada ambang kegilaan, Kaguya menjelma bersama-sama dengan Shinju untuk menciptakan Ekor-Sepuluh ketika marah bahwa dua putranya, Hagoromo dan Hamura, mewarisi chakra yang kuat dan dōjutsu yang unik.[5]

Kepribadian Edit

Shinju adalah entitas, yang benar-benar tanpa perasaan dan cita-cita seperti netral dan hampir ambivalen terhadap perang konstan yang dilancarkan di sekitar itu dengan manusia, dan sebenarnya pohon ini bukanlah untuk membuat dunia yang sempurna, melainkan untuk perbudakan dan pembuatan pasukan zetsu putih .[2]

Kemampuan Edit

Setelah Tsukuyomi Tak Terbatas dilepas, pengguna dapat mengasimilasi korban ke genjutsu oleh Shinju. Mengikat mereka dengan akarnya.[4] Setelah melakukannya, kekuatan hidup Shinju akan mempertahankan hidup tanpa batas waktu, dan secara bertahap mengubah mereka ke bentuk Zetsu Putih.[6]

Buah Chakra Edit

Shinju Fruit.png

Buah yang dihasilkan Shinju.

Setelah seabad, Shinju menghasilkan buah tunggal, dengan mengkonsumsinya dianggap terlarang. Setelah melanggar hal tabu dan mengkonsumsi Buah Chakra (チャクラの実, Chakura no Mi), Kaguya Ōtsutsuki memperoleh sejumlah besar chakra yang sangat kuat, dengan ini dia bisa untuk seorang diri menghentikan semua perang yang melanda seluruh negeri. Kaguya tercatat lebih kuat daripada Petapa dari Enam Jalan sendiri,[3] dengan chakra Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha digambarkan pada tingkat yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan Ekor-Sepuluh.[7] Dengan memanfaatkan Tsukuyomi Tak Terbatas dan Teknik Tuhan: Kelahiran Dunia Pohon, adalah mungkin untuk mengambil kembali chakra dari semua makhluk hidup di seluruh dunia, asimilasi mereka menjadi satu sekali lagi, sehingga memungkinkan Shinju untuk menumbuhkan Buah baru sama seperti yang Kaguya pernah konsumsi.[4]

Trivia Edit

  • 'Shinju' (神樹) secara harfiah berarti 'pohon dewa', memiliki hubungan dengan pohon dunia dan pohon kehidupan, motif yang hadir dalam beberapa agama nyata dan mitologi di seluruh dunia.
    • Selain itu, kisah Shinju menghasilkan buah yang dianggap terlarang untuk dikonsumsi sangat mirip dengan kisah Pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat dalam Agama Abrahamik, di mana Adam dan Hawa, manusia pertama, memamakan buah terlarang meskipun diperintahkan oleh Tuhan sebaliknya. Pada akhirnya, bukan menjadi bijaksana, hal itu menyebabkan kejatuhan mereka dengan menimbulkan murka Tuhan. Karena mematuhi Setan, Tuhan selamanya mengutuk keduanya dan keturunan mereka (dalam ajaran kristen). Putra sulung Adam, Kain (Qabil), kemudian akan membunuh adiknya, Habel, marah dan cemburu setelah penolakan Tuhan atas persembahannya dan menerima Habel, mirip dengan perselisihan antara dua anak dari Petapa dari Enam Jalan.
    • Entitas seperti naga kayu di dasar Shinju mungkin menjadi acuan untuk Nidhogg, naga atau ular yang kekal mengunyah akar Yggdrasil dalam mitologi Norwegia. Demikian juga dengan munculnya Shinju, dikatakan bahwa Nidhogg akhirnya bebas dari jeratan yang di bawah Yggdrasil, penampilan ke dunia luar akarnya dikatakan untuk menyambut kedatangan Ragnarok, akhir dari dunia dan pertempuran akhir dari para dewa.
  • Ketika Ekor-Sepuluh diciptakan kembali menjadi pohon berdasarkan Obito Uchiha di Perang Dunia Shinobi Keempat, pada awalnya disebut sebagai Shinju berdasarkan Gyūki,[8] tetapi kemudian dikonfirmasi untuk menjadi bentuk Ekor-Sepuluh.[9]
  • Ketika Kaguya dikalahkan oleh Naruto dan Sasuke, Shinju, yang menjadi satu dengan dia, disegel oleh Enam Jalan-Chibaku Tensei di dimensi lain.[10]

Referensi Edit

  1. Buku Data Keempat, halaman 216-217
  2. 2,0 2,1 Naruto bab 646
  3. 3,0 3,1 Naruto bab 670, halaman 10-11
  4. 4,0 4,1 4,2 Naruto bab 671, halaman 8-9
  5. Naruto bab 681, halaman 9
  6. Naruto bab 679, halaman 8-9
  7. Naruto bab 679, halaman 5
  8. Naruto bab 646, halaman 5
  9. Naruto bab 673, halaman 6
  10. Naruto bab 690, halaman 12

Around Wikia's network

Random Wiki