Fandom

Narutopedia Indonesia

Hiden

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang teknik rahasia. Jika anda mencari artikel tentang seri novel ringan anda harus lihat Naruto Hiden.
Ep70shikamaru.png

Shikamaru menggunakan teknik hiden klan Nara.

Hiden (秘伝; Secara harfiah berarti "tradisi rahasia") atau hanya teknik "rahasia" adalah teknik yang diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi di daerah atau klan tertentu.

Kelompok yang memiliki teknik ini biasanya sangat merahasiakan tentang teknik rahasia yang mereka gunakan dalam rangka untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain selain anggota kelompok atau klan mempelajari teknik tersebut. Dengan demikian, teknik diturunkan melalui sarana lisan, bukan ditulis atau direkam. Beberapa teknik hiden memerlukan kemampuan khusus atau garis keturunan dan dengan demikian biasanya menjadi kebanggaan dan ketenaran dari klan yang memiliki teknik hiden. Teknik Imitasi Bayangan klan Nara dan Teknik Serangga Parasit Penghancur klan Aburame adalah contoh teknik ini. Teknik ini juga tidak dapat disalin melalui pengamatan sederhana.

Hiden tidak dapat disamakan dengan Kekkei Genkai, secara teknis, teknik hiden dapat diajarkan kepada siapa pun.

Also on Fandom

Random Wiki