Wikia

Narutopedia Indonesia

Hokage

1.053pages on
this wiki
Comments63
Hokage hat.svg

Topi Hokage.

Hokage (火影; Secara harfiah berarti "Bayangan Api") adalah Kage dari Konohagakure, gelar yang diberikan kepada pemimpin desa. Hokage umumnya dianggap sebagai shinobi terkuat di desa. Sudah ada tujuh Hokage dalam sejarah desa.

Ikhtisar Edit

Posisi Hokage dibuat tak lama setelah pendirian Konoha oleh Hashirama Senju, salah satu pendiri desa. Dia memaksudkan gelar ini untuk diberikan kepada rekannya, Madara Uchiha, tetapi penduduk desa lebih memilih Hashirama sebagai Hokage Pertama. Madara takut bahwa pemilihan Hashirama adalah langkah pertama dalam membuat Hokage sebagai perpanjangan otoritas Klan Senju, namun telah dibantah Hashirama.[1] Meskipun demikian, semua Hokage desa ini memiliki hubungan dengan Hashirama dalam beberapa cara: Hokage Kedua adalah saudaranya; Hokage Ketiga adalah muridnya; Hokage Keempat adalah seorang murid salah satu murid Hokage Ketiga; Hokage Kelima adalah cucunya dan murid lain dari Hokage Ketiga; Hokage Keenam adalah seorang murid Hokage Keempat; Hokage Ketujuh adalah murid Hokage Keenam dan anak Hokage Keempat.

Hokage monument.png

Monumen Hokage.

Hokage biasanya memilih penerus mereka. Jika mereka mati atau sebaliknya berhalangan, Hokage berikutnya akan dipilih oleh daimyō dari Negara Api menunggu persetujuan Jōnin Konoha. Jika salah satu dari pendahulu Hokage masih hidup, mereka dapat kembali bertugas ketimbang memilih Hokage baru, seperti ketika Hokage Ketiga kembali dari pensiun setelah kematian Hokage Keempat. Pelantikan Hokage adalah peristiwa besar di Konoha, dengan sebagian besar penduduk desa menghadirinya. Hokage baru diberikan seremonial haori pada kesempatan tersebut; wanita yang sama telah menjahit haori untuk semua ketujuh Hokage.[2] Setelah mereka menjadi Hokage, wajah mereka diukir di Batu Hokage dan mereka biasanya pindah ke Kediaman Hokage. Kantor Hokage terletak di bagian administrasi Akademi.

Hokage bertanggung jawab untuk sebagian besar urusan sehari-hari desa, seperti menugaskan ninja desa untuk misi ​​atau mengamankan pendanaan untuk proyek-proyek desa dan personilnya. Hokage menghabiskan sebagian besar waktu mereka di desa, hanya bepergian ke luar negeri untuk acara penting bagi Konoha. Setiap Hokage biasanya hidup menurut Kehendak Api, filsafat yang menyatakan bahwa Konoha adalah keluarga dan Hokage adalah yang terutama bertanggung jawab untuk melindungi keluarga. Beban kerja Hokage bisa sangat berat, dan sebagai pensiunan Hokage dapat terus mengawasi bagian tertentu dari desa atau, jika tidak, akan menyarankan Hokage saat ini atas permintaan.

Daftar Hokage Edit

Hokage PertamaEdit

Hokage Hashirama.png

Hashirama Senju, Hokage Pertama.

Untuk halaman utama, lihat: Hashirama Senju

Hashirama Senju (千手柱間, Senju Hashirama) dulunya Hokage Pertama (初代火影, Shodai Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api pertama") dari Konohagakure. Dia terkenal sebagai Dewa Shinobi (忍の神, Shinobi no Kami; TV Inggris "The Supreme Shinobi") untuk kecakapan ninja tak tertandinginya. Meskipun demikian, Hashirama hanya ingin perdamaian, dan untuk itu mendirikan Konoha dengan teman masa kecilnya dan juga saingannya Madara Uchiha. Meskipun ia tidak mampu untuk mencapai perdamaian selama hidupnya, warisannya akan hidup, terus membentuk desa selama beberapa dekade setelah kematiannya.

Hokage KeduaEdit

Tobirama Senju123.png

Tobirama Senju, Hokage Kedua.

Untuk halaman utama, lihat: Tobirama Senju

Tobirama Senju (千手 扉 间, Senju Tobirama) adalah Hokage Kedua (二代 目 火影, Nidaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Kedua") dari Konohagakure. Dia berasal dari klan Senju, yang, bersama dengan klan Uchiha, mendirikan desa shinobi pertama. Tobirama juga menjadi pemimpin desa itu sendiri. Sebelum mewarisi posisi Hokage, ia menjabat sebagai penasihat saudaranya membantu dia dengan langkah-langkah politik dan sosial.

Hokage KetigaEdit

Hiruzen Sarutobi123.png

Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga.

Untuk halaman utama, lihat: Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi (猿飛ヒルゼン, Sarutobi Hiruzen)dulunya adalah Hokage Ketiga (三代目火影, Sandaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Ketiga") dari Konohagakure. Ditunjuk oleh Hokage sebelumnya, Hiruzen adalah seorang ninja yang kuat, bahkan dipuji sebagai Dewa Shinobi (忍の神, Shinobi no Kami; TV Inggris "The Supreme Shinobi"). Dia juga pernah menjadi guru langsung dari Sannin, juga menjadi generasi ninja Konoha bermanfaat dari kebijaksanaannya selama hidupnya.

Hokage KeempatEdit

Hokage Minato.png

Minato Namikaze, Hokage Keempat.

Untuk halaman utama, lihat: Minato Namikaze

Minato Namikaze (波風ミナト, Namikaze Minato) dulunya adalah Hokage Keempat (四代目火影, Yondaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Keempat") dari Konohagakure. Selama hidupnya ia sangat dikenal karena kecepatannya, membuatnya mendapat julukan Si Kilat Kuning Konoha (木ノ葉の黄色い閃光, Konoha no Kiiroi Senkō; TV Inggris "Yellow Flash of the Leaf"). Dia gugur selama Serangan Ekor-Sembilan di Konoha, mempertaruhkan hidupnya untuk menyegel setengah Ekor-Sembilan kepada putranya yang baru lahir, Naruto Uzumaki.

Hokage KelimaEdit

Tsunade as Hokage.png

Tsunade, Hokage Kelima.

Untuk halaman utama, lihat: Tsunade

Tsunade (綱手, Tsunade) adalah salah satu Sannin legendaris Konohagakure. Meskipun terkenal di dunia sebagai kunoichi yang paling kuat[3] dan Ninja Medis,[4] Tsunade meninggalkan kehidupan ninja selama bertahun-tahun dalam mengejar tujuan-tujuan lain. Dia akhirnya dibujuk untuk kembali ke Konoha dan menjadi Hokage Kelima (五代目火影, Godaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api ke Lima"), di mana ia menggunakan kekuatannya untuk menekan musuh desa dan pengetahuan medisnya untuk menjaga desa tersebut aman.

Kandidat Hokage Keenam Edit

Danzo as hokage.png

Danzō Shimura, kandidat Hokage Keenam.

Untuk halaman utama, lihat: Danzō Shimura

Danzō Shimura (志村ダンゾウ, Shimura Danzō) adalah seorang tetua dari Konohagakure. Sebagai pendiri dan pemimpin Akar, Danzō menjadi terkenal sebagai Shinobi Kegelapan (忍の闇, Shinobi no Yami; English TV "The Shinobi of Darkness")[5] karena tindakan yang sering tidak diberi sanksi walaupun diduga (tapi jarang terbukti) merusak personil Konoha tertentu. Meskipun dalam sedekade terakhir melakukan perbuatan yang mencurigakan, Danzō hanya menanggapinya sebagai apa yang dia yakini adalah dimi kepentingan terbaik desa, loyalitas yang sudah terjamin mengangkatannya sebagai Kandidat Hokage Keenam (六代目火影候補, Rokudaime Hokage Kōho; secara harfiah "Kandidat Bayangan Api Keenam") sebelum kematiannya.

Hokage KeenamEdit

Kakashi hokage.png

Kakashi Hatake, Hokage Keenam.

Untuk halaman utama, lihat: Kakashi Hatake

Kakashi Hatake (はたけカカシ, Hatake Kakashi) adalah salah satu karakter utama dari serial ini, seorang shinobi tingkat jōnin dari Konohagakure dan pemimpin Tim 7. Dia dikenal di seluruh dunia karena Sharingan yang dia miliki, dia juga mendapat julukan Kakashi Ninja Peniru (コピー忍者のカカシ, Kopī Ninja no Kakashi)dan Kakashi Pengguna Sharingan (写輪眼のカカシ, Sharingan no Kakashi). Bakatnya yang banyak, keterampilan, dan kecakapan Sharingan, telah membuatnya menjadi salah satu ninja yang paling hebat dan diakui di desa serta seluruh dunia ninja. Dia akhirnya ditunjuk sebagai pemimpin Tim 7, di mana ia menggunakan pengalamannya untuk melatih murid-muridnya untuk menjadi ninja terampil dengan bakat mereka sendiri. Di beberapa titik setelah Perang Dunia Shinobi Keempat, Kakashi secara resmi menjadi Hokage Keenam (六代目火影, Rokudaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Keenam").

Hokage KetujuhEdit

Naruto Boruto Movie.png

Naruto Uzumaki, Hokage Ketujuh.

Untuk halaman utama, lihat: Naruto Uzumaki

Naruto Uzumaki (うずまきナルト, Uzumaki Naruto) adalah shinobi dari Konohagakure, inkarnasi Asura, dan protagonis dari waralaba Naruto. Dia menjadi jinchūriki yang ketiga dari Kurama pada hari kelahirannya, nasib yang menyebabkan dia dikucilkan dan diabaikan oleh sebagian besar penduduk dari Konoha sepanjang masa kecilnya. Setelah menjadi anggota Tim Kakashi, Naruto bekerja keras untuk mendapatkan rasa hormat desa dan pengakuan dengan mimpi akhirnya menjadi Hokage. Dalam tahun-tahun berikutnya, Naruto menjadi seorang ninja yang handal yang akhirnya dianggap sebagai pahlawan, baik oleh penduduk desa dan dunia shinobi pada umumnya. Tujuan Naruto selain menjadi Hokage menyelamatkan teman terbaik dan sesama rekan setimnya Sasuke Uchiha, yang menyerah pada kebencian dan kegelapan, yang akhirnya dia capai setelah mengalahkannya dalam pertempuran terakhir mereka. Bertahun-tahun setelah Perang Dunia Shinobi Keempat, Naruto berhasil mewujudkan impiannya dan menjadi Hokage Ketujuh (七代目火影, Nanadaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Ketujuh").

Trivia Edit

  • Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga, dikatakan Hokage terkuat dalam sejarah desa, serta terkuat dari lima Kage di jamannya.[6][7][8]
  • Orochimaru pernah menjadi kandidat utama untuk menjadi Hokage Keempat, namun dibatalkan karena dia tak menjiwai Kehendak Api.[9]
  • Jiraiya ditawari untuk posisi Hokage beberapa kali, pertama sebelum Hokage Ketiga pensiun,[10] sekali lagi setelah kematian Hokage Keempat, sekali lagi setelah kematian Hokage Ketiga.[11] Ia menolak setiap kali mendapat tawaran karena ia percaya ia tidak bisa memberikan perhatian yang layak pada pekerjaanya nanti. Daimyō Api menyukai Jiraiya menjadi Hokage Keenam, tapi saat itu Jiraiya sendiri telah meninggal.[12]
  • Enam Hokage pertama memiliki foto resmi mereka yang diambil saat mengenakan semacam kalung seremonial.[13]
  • Menurut Asuma Sarutobi, muridnya Shikamaru Nara memiliki kemampuan untuk menjadi Hokage, tetapi tidak akan bisa karena dia terlalu malas.[14]
  • Dalam Dunia Genjutsu yang terlihat di Road to Ninja: Naruto the Movie, Kizashi Haruno adalah Hokage Keempat. Seperti Hokage Keempat nyata, ia memberikan hidupnya untuk menyelamatkan desa.
  • Naruto Uzumaki dibuat menjadi Hokage selama seminggu di alur cerita Naruto: Ultimate Ninja 3.
  • Might Guy juga dibuat menjadi Hokage (Guykage) dalam spin-off Rock Lee no Seishun Full-Power Ninden.
  • Beberapa korban Tsukuyomi Tak Terbatas memimpikan tentang Hokage yang berbeda:
    • Kiba Inuzuka bermimpi bahwa ia adalah Hokage, posisi ini dia gunakan untuk menyatakan hari libur nasional untuk anjing.
    • Tsunade bermimpi Dan Katō adalah Hokage.
    • Dalam anime, Karin bermimpi bahwa Sasuke Uchiha adalah Hokage Keenam.

ReferensiEdit

  1. Bab 625, halaman 7-13
  2. "Hari Naruto Menjadi Hokage"
  3. Naruto bab 172, halaman 7
  4. Naruto bab 577, halaman 1-2
  5. Naruto bab 459, halaman 1
  6. Buku Data Pertama, halaman 117 dan 265
  7. Bab 94, halaman 12
  8. Bab 140, halaman 3
  9. Bab 121, halaman 6-7
  10. Bab 366, halaman 12
  11. Bab 140, halaman 10
  12. Bab 450, halaman 14
  13. Boruto: Naruto the Movie
  14. Bab 328, halaman 8
Narutos promise.png Artikel Pilihan

Artikel ini adalah/pernah menjadi artikel pilihan, jika anda punya saran artikel pilihan lainnya silakan klik di sini.

Around Wikia's network

Random Wiki