Fandom

Narutopedia Indonesia

Izanami

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Izanami[1]
  • Terjebak dalam lingkaran tak berujung, tanduk Kabuto terputus...
  • ...Namun, kerusakan tanduk segera hilang...
  • ...Tanduk akan terputus sekali lagi, sebagai peristiwa berulang.
Nama
Kanji イザナミ
Rōmaji Izanami
Debut
Manga Bab #586
Anime Naruto Shippūden Episode #337
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm 3
Penampilan Anime, Manga, Permainan
Informasi
Klasifikasi Sharingan Triple.svg Sharingan, Ninjutsu, Kinjutsu, Dōjutsu
Tipe Nature Icon Yin.svg Elemen Yin
Kelas Tambahan
Jangkauan Jarak Dekat
Jutsu Terkait
Izanagi
Pengguna
Itachi Uchiha
Naori Uchiha (Hanya Anime)

Izanami adalah salah satu dōjutsu terkuat dari klan Uchiha.[2]

Penggunaan Edit

Ini adalah genjutsu yang mempengaruhi target melalui sensasi fisik yang terbagi antara mereka dan pengguna, bukan mempengaruhi chakra lawan untuk melakukan ilusi.[3] Seperti pasangannya,  dengan imbalan kemampuan bersifat sementara yang akan didapat pengguna, Sharingan dengan Izanami akan mengakibatkan kebutaan dan kehilangan cahaya selamanya. Menurut Itachi, teknik ini dan Izanagi merupakan pasangan, tapi tidak seperti yang terakhir, yang merupakan teknik yang mampu mengubah takdir, Izanami adalah bukan salah satu yang "memutuskan" takdir itu.[4]

Kebutuhan Aktivasi Edit

Izanami's explanation.png

Mekanisme Izanami.

Untuk memulai teknik ini, setelah memilih saat-saat tertentu, pengguna menggunakan Sharingan mereka untuk mengingat sensasi fisik kedua tubuh mereka dan lawan mereka secara instan seperti foto (direpresentasikan sebagai: A). Pengguna kemudian harus sengaja meniru sensasi yang sama dan dengan cara yang sama, mengingatkan kembali sensasi tersebut dengan Sharingan mereka (direpresentasikan sebagai: A' ). Izanami tumpang tindih dan menghubungkan dua sensasi identik tubuh (A dan A' ), serta aliran waktu di antara mereka, menciptakan putaran tak terbatas dari peristiwa yang menjebak kesadaran lawan. Pengguna juga dapat menggunakan Sharingan mereka untuk mengingat beberapa sensasi, (direpresentasikan sebagai B, C dan sebagainya) dan sensasi-sensasi juga akan digunakan saat Izanami diaktifkan. Pengguna juga tidak perlu selalu meniru A dengan A' untuk memulai Izanami. Mereka juga bisa meniru B dengan B 'atau C dengan C' juga. Semakin banyak sensasi yang mereka hafalkan, semakin baik kesempatan mereka akan memulai Izanami pada seseorang dan semakin banyak sensasi yang dirasakan korban setiap kali mereka mengulangi putaran Izanami.[5][6]

Efek Edit

Saat di bawah pengaruh teknik, target berdiri tak bergerak karena lingkaran peristiwa terus berulang dalam pikiran mereka.[7] Setiap kali satu lingkaran diulang, kerusakan fisik yang terjadi akan seolah-olah mengatur ulang seperti sebelum dimulainya lingkaran, meskipun sisa-sisa anggota badan yang terpotong tidak hilang.[8] Ilusi pengguna dan siapa pun yang mereka lawan juga memiliki kerusakan mengatur ulang juga seperti kebutaan yang datang dengan Izanami. Meskipun mampu sadar akan situasi mereka dan bertindak berbeda, korban tidak dapat secara signifikan mengubah atau melarikan diri dari ilusi yang tak terelakkan dari peristiwa ini sebagaimana saat mereka berjuang juga akan cepat beradaptasi dengan perubahan mereka dalam rangka memaksa korban untuk mengalami sensasi yang akan selalu teringat. Namun, karena teknik ini diciptakan untuk menegur dan menyelamatkan pengguna Izanagi, korban mampu menghindari lingkaran tak terbatas jika mereka dapat mengakui hasil yang nyata dari tindakan merekadan menerima takdir mereka.[9] Dalam anime, hal itu menunjukkan bahwa tidak ada cara lain untuk membatalkan teknik ini bahkan oleh seseorang yang memiliki kontrol penuh atas chakra mereka. Ilusi pengguna juga tampak hidup, sebagaimana ilusi Itachi terbukti dapat menggelengkan kepala ketika Kabuto dengan sia-sia mencoba untuk membatalkan teknik tanpa menerima nasibnya terlebih dahulu.[10] Ilusi pengguna dan siapa pun yang mereka lawan juga mengulangi tindakan verbal mereka, sebagaimana ilusi Itachi memberitahu ilusi Sasuke untuk tidak meninggalkan sisinya, tindakan yang Itachi lakukan untuk Sasuke. Ilusi pengguna akan terus memberitahu korban untuk melihat lebih dekat pada diri mereka dan mengetahui kesalahan mereka sampai mereka melakukan kesalahan itu.

Penciptaan Edit

Menurut Itachi, ada sebuah masa di mana anggota klan menyalahgunakan kemampuan yang diberikan oleh Izanagi, bukan hanya menggunakan teknik sebagai sarana melarikan diri dari hasil yang tidak diinginkan dari tindakan mereka. Sementara hal ini mengakibatkan masalah kecil jika hanya satu orang yang menggunakan Izanagi, jika ada dua atau lebih pengguna, mereka akan mulai bertarung antara satu sama lain untuk mencapai keuntungan pribadi masing-masing. Dengan demikian, dikarenakan pengguna dōjutsu tidak mungkin menyerah pada genjutsu mata, Izanami diciptakan sebagai metode untuk menegur klan tersebut, serta menyelamatkan mereka dari arogansi mereka sendiri. Dengan mengurung mereka dalam lingkaran peristiwa yang tak dapat diubah, korban dipaksa untuk menerima kenyataan yang telah mereka buat jika mereka berharap untuk melarikan diri dari ilusi. Namun, karena bahaya yang diakibatkan setelah menggunakan teknik dengan sebuah jalan keluar dalam pertempuran, Izanami digolongkan sebagai kinjutsu.[11]

Pengaruh Edit

Seperti berbagai teknik yang digunakan dengan Sharingan, teknik ini dinamai seperti dewa dalam ajaran Shinto. Dalam hal ini, Izanami, bersama kakak dan suaminya Izanagi, menciptakan pulau dan dewa lainnya dari Jepang.

Salah satu cerita paling terkenal tentang Izanami menceritakan kisah tentang bagaimana Izanagi masuk ke Yomi, dunia bawah Jepang, untuk mendapatkan Izanami yang meninggal setelah melahirkan dewa api Shinto, Kagutsuchi. Di Yomi, ia berhasil mendapatkan Izanami dan mereka berdua mencoba untuk pergi, namun, Izanagi seharusnya tidak melihat Izanami sebelum mereka melarikan diri. Tepat sebelum mereka mencapai pintu keluar, Izanagi melihat kembali dan melihat Izanami dalam wujud mulai membusuk. Merasa takut, Izanagi melarikan diri dari Yomi dan memblokir gua itu. Izanami mengutuk Izanagi mengatakan bahwa dia akan membunuh 1000 orang setiap hari. Sebagai tanggapan, Izanagi mengatakan bahwa 1500 orang akan lahir setiap hari. Di variasi lain dari cerita, dinyatakan bahwa Izanami memerintahkan Izanagi untuk pergi, namun, Izanagi datang kembali saat Izanami tidur dan menyalakan api yang mengungkapkan bentuk yang membusuk nya, memaksa Izanagi untuk melarikan diri karena ketakutan, dan mengurung dirinya di dalam batu raksasa.

Setelah usahanya gagal mendapatkan Izanami, Izanagi membersihkan diri di sungai. Saat ia membersihkan mata kirinya, Amaterasu lahir, saat ia membersihkan mata kanannya, Tsukuyomi lahir, dan saat ia membersihkan hidungnya, Susanoo lahir.

Referensi Edit

  1. Buku Data Keempat, halaman 232
  2. Bab 581, halaman 15
  3. Bab 587, halaman 1
  4. Bab 581, halaman 15-17
  5. Bab 587, halaman 2-5
  6. Naruto: Shippūden episode 338
  7. Bab 586, halaman 14-17
  8. Bab 586, halaman 18
  9. Bab 587, halaman 6
  10. Naruto: Shippūden episode 337
  11. Bab 587, halaman 3-6

Also on Fandom

Random Wiki