Wikia

Narutopedia Indonesia

Klan Hyūga

973pages on
this wiki
Bicara0
Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang klan dari Konohagakure. Jika anda mencari artikel tentang bab 79 dari manga anda harus lihat Klan Hyūga.
Klan Hyūga
Hyūga Symbol.svg
(日向一族, Hyūga Ichizoku)
Penampilan Pertama
Tampil di:
Anime, Manga, Novel, Permaina, Film
Afiliasi:
Kekkei Genkai:
Anggota Diketahui
Jutsu

Klan Hyuga (日向一族, Hyuga Ichizoku) adalah salah satu dari empat klan bangsawan dari Konohagakure.[1] Semua anggota lahir ke klan ini memiliki byakugan, sebuah kekkei genkai yang memberi mereka pandangan hebat dan kemampuan untuk melihat melalui benda padat dan bahkan sistem peredaran chakra dan menutupnya dari salah satu tenketsu dalam tubuh mereka.

Latar Belakang Edit

Klan Hyuga adalah keturunan dari klan Ōtsutsuki, khususnya dari keturunan Hamura Ōtsutsuki. Mereka dianggap salah satu, jika tidak saat ini, klan yang paling kuat di Konohagakure. Ketenaran dan kehebatan mereka membentang jauh dan luas, menyebabkan orang lain memuji dan mengingini kemampuan mereka. Selama Perang Dunia Shinobi Keempat, seorang ninja Kumo mengungkapkan bahwa mereka kesulitan melawan klan ini selama perang sebelumnya.[2].

  • Anggota keluarga utama.
  • Anggota keluarga cabang.
  • Seluruh klan.

Klan dipisahkan menjadi dua bagian, Keluarga Utama (宗家, Sōke) dan Keluarga Cabang (分家, Bunke) sebuah sistem yang melindungi rahasia Byakugan dari luar. Keluarga Utama menjalankan keluarga sementara Keluarga Cabang melindungi. Para anggota Keluarga Cabang diberi segel terkutuk pada usia ketiga tahun pewaris oleh Keluarga Utama. Segel ini memberikan anggota Keluarga Utama kendali mutlak atas Keluarga Cabang, karena mereka dapat menghancurkan sel-sel otak anggota cabang dengan segel tangan sederhana, atau menyebabkan mereka sakit untuk menghukum mereka. Segel ini juga memastikan rahasia Byakugan Hyūga aman, karena menyegel Byakugan setelah pemakai segel mati. Karena mereka pada dasarnya pelayan, hanya karena urutan kelahiran mereka atau warisan, beberapa anggota Keluarga Cabang memusuhi orang-orang dari Keluarga Utama.[3]

Di masa lalu, telah ada beberapa upaya dari Kumogakure untuk memperoleh dōjutsu klan ini. Ini bahkan memuncak dalam kematian calon-pencuri: Kepala Ninja dari Kumogakure dan menuntut mayat Hiashi yang telah membunuhnya sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian damai yang kedua desa telah tandatangani. Pada akhirnya, Hizashi adalah orang yang mengorbankan hidupnya untuk desa dan klan, menyegel Byakugan saat ia meninggal dan menghindari perang. Kejadian ini akan menjadi dikenal sebagai Peristiwa Hyūga.[3][4]

Abilities Edit

Neji's Byakugan.PNG

Byakugan.

Hyūga terkenal karena memiliki apa yang sangat didambakan Byakugan (白眼; Secara harfiah berarti "Mata Putih", Arti (Viz) "All Seeing White Eye"), sebuah kekkei genkai kecakapan visual yang hebat dengan memberikan penggunanya beberapa kemampuan. Kemampuan pertama dari byakugan memberikan pengguna penglihatan 360º, kecuali untuk satu titik buta di bagian belakang leher di atas ketiga vertebra toraks. Kemampuan kedua adalah mampu melihat melalui benda padat, dan dapat menggunakan tingkat teleskop. Jarak dan tingkat teleskop bervariasi dari orang ke orang, dan dapat ditingkatkan. Juga kemampuan unik untuk keluarga utama dimana mereka mewarisi chakra yang kuat dari nenek moyang mereka Hamura langsung. Dalam Bagian I, Neji Hyūga bisa melihat area seluas 50 meter, tetapi kemudian ia meningkatkan jangkauan visual untuk setidaknya 800 meter, sedangkan kisaran Hinata Hyuga di Bagian II membentang setidaknya sejauh 10 km. Namun, byakugan tidak dapat melihat melalui hambatan tertentu, seperti Formasi Empat Kabut Hitam yang digunakan oleh Empat Suara. Yang ketiga dan salah satu penggunaan terbesar dari Byakugan adalah kemampuan untuk melihat chakra yang mengalir. Serta sistem sirkulasi chakra dalam tubuh dengan sangat detail.[5]

Ep46hinata.png

Sikap Pukulan Lembut.

Anggota klan diajar dalam penggunaan gaya Pukulan Lembut, yang menggunakan Byakugan untuk melihat Sistem Peredaran Chakra lawan dan menangani pukulan tepat untuk menonaktifkan dan menghambat aliran chakra. Karena pelatihan dalam gaya ini, anggota klan Hyūga cenderung memiliki kontrol chakra yang sangat baik. Hal ini ditekankan dalam teknik yang memanfaatkan kontrol chakra ini, serta nuansa Seni Pukulan Lembut. Karena ini, Pukulan Lembut dianggap sebagai gaya taijutsu terkuat Konoha.

Neji vs Naruto.png

Seni Pukulan Lembut.

Telah dicatat bahwa klan ini memiliki lebih dari satu kekkei genkai, [6] salah satunya memberikan mereka kemampuan untuk menutup chakra dari setiap tenketsu di tubuh lawan, yang memungkinkan mereka untuk sepenuhnya memanfaatkan chakra dengan serangan seperti Delapan Trigram Tapak Bergulir Surga dan teknik Seni Pukulan Lembut Satu Pukulan Tubuh. Selain itu, teknik dasar gaya bertarung klan, seperti Delapan Trigram Enam puluh Empat Tapak dan lain-lain, hanya diajarkan untuk anggota Keluarga Utama. Neji Hyūga, bagaimanapun, telah melewati pembatasan ini dengan belajar sendiri melalui observasi dasar, melanjutkan reputasinya sebagai "jenius" dalam klan.[7]

Anggota Klan Terkemuka Lainnya Edit

Trivia Edit

  • Hyūga (日向) berarti "menuju matahari" atau "tempat di bawah matahari", dan merupakan nama sebuah kota di Prefektur Miyazaki di Jepang.
  • Dikatakan bahwa klan Uchiha memiliki asal yang sama dengan klan Hyūga,[6] yang kemudian terbukti benar karena keduanya merupakan keturunan dari Kaguya yang diteruskan dari anaknya Hamura.
  • Dalam anime, tercatat bahwa Hyūga juga memiliki ritual pelatihan rumit seperti ritual Pelaihan Senbon di mana peserta pelatihan harus bertarung sekitar seribu kali berturut-turut.[19]

Referensi Edit

  1. Buku Data Pertama, halaman 215
  2. Bab 614, halaman 3
  3. 3,0 3,1 Bab 102
  4. Bab 103, halaman 8-20
  5. Bab 79, halaman 12
  6. 6,0 6,1 Bab 78, halaman 13
  7. Bab 101, halaman 8
  8. Bab 419, halaman 7
  9. Bab 430, halaman 12
  10. Bab 443, halaman 14
  11. Bab 451, halaman 13
  12. Naruto: Shippuden Episode 191
  13. Bab 525, halaman 8
  14. Bab 534, halaman 15
  15. Bab 504, halaman 12
  16. Naruto: Shippuden episode 363
  17. Naruto: Shippuden Episode 364
  18. Bab 617, Halaman 6
  19. Naruto: Shippuden episode 306

Around Wikia's network

Random Wiki