Fandom

Narutopedia Indonesia

Mangekyō Sharingan

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Stub Artikel ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Narutopedia Indonesia untuk mengembangkannya, atau mungkin Anda dapat berkontribusi pada diskusi mengenai topik ini.
Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang dōjutsu. Jika anda mencari artikel tentang jutsu dalam permainan anda harus lihat Mangekyō Sharingan.
Mangekyō Sharingan
Mangekyō Sharingan Itachi.svg
Nama
Kanji 万華鏡写輪眼
Rōmaji Mangekyō Sharingan
Harfiah Mata Roda Penyalin Kaleidoskop
Debut
Manga Volume #16, Bab #142
Anime Naruto Episode #82
Novel 'Naruto Jinraiden: Hari Serigala Melolong'
Film 'Naruto Shippūden the Movie: The Will of Fire'
Permainan 'Naruto: Ultimate Ninja 2'
OVA 'Naruto x UT'
Penampilan Anime, Manga, Novel, Permainan, dan Film
Tanda
Klan Uchiha Symbol.svg Klan Uchiha
Ōtsutsuki Clan Symbol.svg Klan Ōtsutsuki
Klasifikasi Kekkei Genkai
Pengguna Diketahui
Kakashi Hatake
Indra Ōtsutsuki
Makhluk Mata-Mata Sharingan (Hanya di Manga)
Danzō Shimura
Baru Uchiha (Hanya di Anime)
Itachi Uchiha
Burung Gagak Itachi
Izuna Uchiha
Madara Uchiha
Naka Uchiha (Hanya di Anime)
Naori Uchiha (Hanya di Anime)
Obito Uchiha
Rai Uchiha (Hanya di Anime)
Sasuke Uchiha
Shin Uchiha (Hanya di Manga)
Shisui Uchiha
Zetsu Hitam

Mangekyō Sharingan (万華鏡写輪眼) adalah sebuah bentuk peningkatan dari Sharingan yang hanya dapat diaktifkan oleh sebagian anggota Klan Uchiha.[1] Mata ini tercatat menjadi "mata surgawi yang melihat kebenaran dari seluruh ciptaan tanpa halangan" (天壌の理を掌せし瞳, tenjō no kotowari o shōaku seshi hitomi).[2]

Ikhtisar Edit

Madara & Izuna.png

Madara dan Izuna setelah membangkitkan Mangekyō Sharingan.

Mangekyō Sharingan memiliki perbedaan dari Sharingan normal dari segi penampilannya, yang mengubah bentuk tomoe. Desain pasti berbeda dari satu pengguna dengan pengguna yang lain, meskipun pada dasarnya semua menyerupai bentuk kincir angin. Mata ini awalnya bangkit oleh trauma pengguna stelah menyaksikan kematian seseorang yang dekat dengan pengguna. Uchiha secara historis salah memahami kondisi ini sebagai pengguna perlu bertanggung jawab atas kematian seseorang itu, dan untuk alasan itu mereka mengembangkan praktek membunuh teman terdekat mereka untuk mendapatkan Mangekyō Sharingan.[3] Mangekyō milik Obito diaktifkan segera setelah traumanya, sedangkan di Naruto Jinraiden, Mangekyō milik Sasuke baru dapat diaktifkan beberapa minggu setelah kematian Itachi.

Mangekyō Sharingan mempertahankan semua kemampuan umum Sharingan, seperti penggunaan genjutsu dan kemampuan untuk membedakan jenis chakra. Selain itu, Mangekyō memberikan kemampuan yang kuat yang berbeda antara satu pengguna dengan pengguna lain, meskipun kemampuan mungkin mirip dalam chakra alam; baik Sasuke dan Itachi memiliki kemampuan mengeluarkan api Amaterasu, meskipun sejauh mana mereka dapat menggunakannya berbeda. Kemampuan dari Mangekyō Sharingan bahkan mungkin tidak sama pada kedua mata pengguna tunggal, seperti Itachi memiliki Amaterasu di satu mata dan Tsukuyomi di mata yang lain. Setelah pengguna membuka "Mangekyō Ganda" (ダブル万華鏡, Daburu Mangekyō), atau dengan kemampuan kedua mata mereka, melakukan teknik Susanoo.

Kemampuan Mangekyō Sharingan menguras cukup banyak chakra bila dilakukan. Penggunaan dan aktivitasnya juga menempatkan tekanan besar pada pengguna sendiri dan dari waktu ke waktu memperburuk penglihatan mereka sampai mereka akhirnya menjadi buta.[4] Penglihatan mereka dapat dikembalikan dengan menerima transplantasi Mangekyō dari Uchiha dengan ikatan darah yang kuat — idealnya dari saudara kandung — dan kemudian membangkitkan Eternal Mangekyō Sharingan (永遠の万華鏡写輪眼, Eien no Mangekyō Sharingan) atau dalam Bahasa Indonesia berarti Mangekyō Sharingan Abadi.[5] Mata Eternal Mangekyō menggabungkan desain dari transplanter dan Mangekyō asli yang dicangkokkan dengan Mangekyō baru. Kemampuan Mangekyō berbasis mereka menjadi lebih kuat dan mereka tidak lagi mengalami efek negatif dan efek samping dari penggunaan. Menurut Madara, Eternal Mangekyō Sharingan adalah bukti bahwa seorang Uchiha akan terus mencari sesuatu meskipun mengalami kerugian besar.[6] Selain teknik yang unik, tampaknya ada beberapa varian dari Eternal Mangekyō Sharingan, salah satunya adalah "tomoe lurus" (直巴, Choku Tomoe), yang tampaknya memberikan kelincahan pengguna dalam bergerak ketika bertarung.[7]

Seperti dōjutsu yang lain, Mangekyō Sharingan dapat ditransplantasikan ke seseorang yang bukan berasal dari Klan Uchiha, memberikan mereka semua kemampuannya meskipun dengan konsumsi chakra yang ekstrim. (Dalam kasus mata ditransplantasikan untuk Eternal Mangekyō Sharingan, kemampuan tidak akan ditransfer.) Kemampuan dari Mangekyō Sharingan juga dapat diprogram untuk diaktifkan dalam keadaan tertentu, baik dalam mata pengguna sendiri atau dalam target yang telah dipilih pengguna; pemrograman ini bersifat tetap bahkan setelah kematian.[8]

VariasiEdit

Itachi UchihaEdit

Obito UchihaEdit

Madara UchihaEdit

Izuna UchihaEdit

Sasuke UchihaEdit

Indra ŌtsutsukiEdit

Shisui UchihaEdit

Shin UchihaEdit

DesainEdit

Mangekyō Sharingan
Mangekyō Sharingan Abadi

Trivia Edit

  • Awalnya di anime, Itachi Uchiha ditampilkan menggunakan teknik eksklusif untuk Mangekyō Sharingan tanpa harus mengaktifkannya.[9] Hal ini karena Kishimoto belum mengungkapkan penampilan Mangekyō Sharingan di manga. Bentuk sebenarnya dari Mangekyō Sharingan pertama kali terlihat, dari Itachi, saat Sasuke mengingat peristiwa yang mengarah pada Kejatuhan Klan Uchiha saat ia bertarung dengan Naruto Uzumaki di Lembah Akhir.[10]
  • Meskipun menggunakan Mangekyōnya secara ekstensif selama lebih dari satu dekade, Obito tidak pernah menunjukkan tanda-tanda kelelahan atau penglihatan memburuk.
  • Karma di mana seorang individu mendapat Mangekyō Sharingan yang hampir sama dengan bagaimana Uchiha membangunkan Sharingan biasa mereka untuk pertama kalinya, karena keduanya perlu emosi yang intens untuk membangunkannya.
  • Dalam manga, Mangekyō Sharingan Sasuke Uchiha adalah satu-satunya dengan skema warna terbalik, dengan desain merah dan sklera hitam.

Referensi Edit

  1. Bab 224, halaman 7-8
  2. Buku Data Ketiga, halaman 274-275
  3. Bab 386, halaman 13
  4. Bab 385, halaman 15
  5. Bab 386, halaman 7-9
  6. Bab 662, halaman 16
  7. Bab 657, halaman 8
  8. Bab 681, halaman 13
  9. Naruto Episode 84
  10. Bab 222, halaman 19

Also on Fandom

Random Wiki