Fandom

Narutopedia Indonesia

Monster Berekor

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comment1 Share

BijuuComplete.jpg

Monster berekor dengan jinchūriki mereka.

Monster Berekor (尾獣, bijū) adalah sembilan raksasa dalam seri Naruto. Mereka dibedakan dengan jumlah ekor yang mereka miliki, mulai dari satu sampai sembilan. Monster berekor yang merupakan bentuk chakra hidup, kadang-kadang disebut sebagai "Monster Chakra" (チャクラのバケモノ, Chakura no Bakemono),[1][2] memberi mereka cadangan besar chakra yang sangat kuat yang jauh dari sebagian shinobi. Chakra mereka digambarkan berwarna merah.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara telepati satu sama lain dan dengan jinchūriki mereka, dan memiliki beberapa tingkat kesadaran. Ada tingkat awal di mana monster itu mungkin muncul dalam habitat yang tampaknya dipenjara dalam beberapa cara oleh apapun fūinjutsu yang menyegel mereka.[3][4] Tingkat kedua adalah di mana semua monster berekor dapat keluar, bebas dari pembatasan dan berkomunikasi dengan satu sama lain. Jinchūriki juga bisa masuk ke sana, namun untuk melakukannya, mereka harus benar-benar dikaitkan dengan monster berekor mereka.[5]

Monster berekor juga dapat bebas mentransfer chakra mereka untuk siapa saja yang mereka pilih, dan seperti Kurama telah katakan, adalah proses mudah bagi mereka daripada bagi manusia.[6][7]

Sejarah Edit

Lihat juga: Jinchūriki
Ōtsutsuki vs. Shinju.png

Hagoromo dan Hamura menghadapi Ekor-Sepuluh.

Jauh sebelum berdirinya desa tersembunyi, selama era perang tak berujung antara umat manusia, di sana ada Shinju, pohon yang dipuja sebagai dewa yang melahirkan buah sekali setiap seabad. Meskipun dilarang untuk mengkonsumsi buah Shinju, namun Putri Kaguya Ōtsutsuki memakannya, dan menggunakan kekuatannya untuk mengakhiri perang yang telah merusak bumi. Beberapa waktu setelah ini, Kaguya melahirkan dua anak laki-laki bernama Hagoromo dan Hamura. Mereka berdua mewarisi chakra kuat dan mampu memanipulasinya. Marah oleh kenyataan anak-anaknya mewarisi kekuatannya, Kaguya bergabung dengan Shinju menjadi sebuah entitas mengerikan dari apa yang dikenal sebagai "Ekor-Sepuluh". Ekor-Sepuluh mengamuk di seluruh negeri, sampai Hagoromo dan Hamura berhasil mengalahkan monster itu dengan Hagoromo menjadi jinchūriki.[8]

Young Biju.png

Monster berekor muda dengan Hagoromo.

Terinspirasi oleh anaknya yang lebih muda, Asura, Hagoromo memisahkan chakra Ekor-Sepuluh di dalam tubuhnya dan menggunakan kemampuan Penciptaan Segala Halnya untuk membaginya menjadi sembilan bentuk, menciptakan Monster Berekor dan memberikan setiap mereka nama. Beberapa waktu setelah dibuat, monster berekor muda diberitahu bahwa mereka semua masih terkait satu sama lain meskipun dalam entitas yang terpisah. Hagoromo juga mengatakan kepada mereka bahwa mereka akhirnya akan menjadi satu lagi, namun tidak seperti mereka awalnya, dan salah satu yang akan muncul pada waktu itu untuk menunjukkan kepada mereka apa itu kekuatan sejati.[9][10] Untuk memastikan bahwa Ekor-Sepuluh tidak akan pernah muncul kembali setelah kematiannya, Hagoromo akhirnya menggunakan Chibaku Tensei untuk menyegel cangkang rakasa itu dalam apa yang akan menjadi bulan.[11] Meskipun hubungan mereka dekat satu sama lain, ada sejumlah besar gesekan antara monster berekor yang menyebabkan mereka berpisah. Salah satu penyebab tersebut adalah karena keyakinan Kurama bahwa kekuatan mereka ditentukan oleh jumlah ekor mereka.[12]

Selama berabad-abad, tak terhitung manusia yang menganggap monster berekor sebagai makhluk yang baik, memperlakukan mereka dengan buruk dan ketakutan akan mereka. Karena kekuatan yang luar biasa, mereka mencari monster berekor sebagai alat untuk menjadi sejata, yang membuat monster berekor sangat membenci manusia.[13] Pada waktu pembentukan desa shinobi, setelah kemenangannya melawan Madara Uchiha di Lembah Akhir, Hashirama Senju, Hokage Pertama, menggunakan teknik Elemen Kayunya untuk menangkap beberapa monster berekor dan memungkinkan desa shinobi lain untuk membeli mereka dalam pertukaran untuk menandatangani perjanjian damai dengan satu sama lain, untuk menstabilkan keseimbangan kekuatan di antara mereka.[2][14]

Madara, kemudian selamat dari perkelahian, telah memperoleh DNA Hashirama-yang merupakan tujuannya dari pertemuan itu.[15] Mengintegrasikan DNA Hashirama ke dalam luka-lukanya,[16] Madara membangunkan Rinnegan tak lama sebelum akhir umur alaminya. Dengan itu, ia mampu memanggil wadah Ekor-Sepuluh dari bulan.[17] Namun, menggunakan cara buatan untuk memperpanjang hidupnya,[18] Madara tidak dapat melaksanakan rencananya untuk menghidupkan kembali Ekor-Sepuluh. Dengan demikian, ia mewariskan tugas ini kepada Obito Uchiha muda yang datang untuk berbagi pandangannya tentang dunia setelah kematian Rin Nohara.[19]

Jubi's revival.png

Ekor-Sepuluh dihidupkan kembali.

Dengan bantuan dari Akatsuki, pada saat Perang Dunia Shinobi Keempat, tujuh dari sembilan monster berekor telah disegel ke dalam patung.[20] Kesal dengan lambatnya kemajuan rencana, dengan asumsi identitas Tobi untuk mengawasi segala hal dan mengubah reinkarnasi inang monster berekor menjadi Enam Jalan Pain pribadi, Obito didampingi oleh patung memasuki medan perang untuk mendapatkan Benihisago dan Kohaku no Jōhei yang berisi Emas dan Perak Bersaudara.[21] Meskipun tidak memiliki sisa dua monster berekor terakhir seluruhnya dan hanya memiliki sedikit porsi kekuatan mereka, Obito memutuskan untuk memulai rencana saat Patung iblis dari Jalan Luar mengalami regenerasi yang menyakitkan ke Ekor-Sepuluh.[22][23] Ketika Madara menyadari situasi, ia berusaha untuk memperbaiki ini.[24] Meskipun Naruto dan Killer B berupaya untuk menghancurkan Patung iblis sementara di pertengahan transformasi, namun Ekor-Sepuluh berhasil bangkit kembali, meskipun dalam bentuk kurang lengkap untuk sementara sebelum mencapai keadaan matang.[25]

671 bijuu reunion.png

Monster berekor bergabung kembali dengan Hagoromo dan Naruto.

Namun, monster berekor digunakan dalam pembentukan ekor-Sepuluh mentransfer sedikit chakra mereka ke Naruto sebelum Obito melaksanakan proses sebagai Ekor-Sepuluh melihat mereka mendukung shinobi muda dalam roh karena mereka semua telah mengakui dia sebagai salah satu yang Hagoromo ramalkan. Setelah Obito menjadi jinchūriki, Ekor-Sepuluh mengasumsikan bentuk sejati untuk memberlakukan keinginan inangnya sementara menguras chakra mereka dia menggenggam pada cabang-cabangnya. Akhirnya, melalui usaha gabungan dari Pasuka Aliansi Shinobi dan Taka, semua monster berekor yang disegel diekstraksi dari tubuh Obito dan kolektif memutuskan untuk membantu Naruto untuk melawan Madara yang dihidupkan kembali.[26][27][28]

Tailed beasts sealed by sasuke.png

Monster berekor disegel dalam Chibaku Tensei Sasuke.

Semua monster berekor, dengan pengecualian dari Yin-Kurama, akhirnya disegel kembali ke Patung Iblis dari Jalan Luar. Namun, semua monster berekor meninggalkan sebagian dari chakra mereka dalam Naruto, sehingga terus mendukung dia dan memungkinkan dia untuk mengakses kemampuan mereka. Mereka kemudian dibantu dia melawan Madara dan, kemudian, Kaguya. Setelah Naruto dan Sasuke menyegel Kaguya, monster berekor yang diekstraksi dari Kaguya dipanggil ke dunia nyata bersama dengan Tim 7 oleh Hagoromo dan arwah Kage. Setelah Hagoromo mengirim kembali roh Kage, Sasuke melanjutkan rencananya, menempatkan semua sembilan monster berekor dalam genjutsu dan kemudian memenjarakan mereka di dalam satelit Chibaku Tensei. Dia kemudian memanggil mereka ke Lembah Akhir selama pertempuran dengan Naruto dan menyerap chakra mereka ke Susanoonya.

Naruto dan Sasuke melepaskan Tsukuyomi Tak Terbatas dan melepaskan monster berekor dari Chibaku Tensei. Kurama dan Gyūki kembali ke jinchūriki mereka saat ini, dengan nasib monster berekor lainnya tidak diketahui, meskipun dapat diasumsikan bahwa mereka hidup bebas, dilihat dari keinginan yang disebutkan oleh mereka setelah dibebaskan dari Kaguya. Hal ini juga mungkin bahwa seperti yang disebutkan oleh Hagoromo Ōtsutsuki bahwa mereka masih bisa memanfaatkan chakra dalam Naruto sebagai "penghubung".

Monster BerekorEdit

ShukakuEdit

Untuk halaman utama, lihat: Shukaku

Shukaku (守鶴, Shukaku), lebih dikenal sebagai Ekor-Satu (一尾, Ichibi), salah satu dari sembilan binatang berekor.

MatatabiEdit

Untuk halaman utama, lihat: Matatabi

Matatabi (又旅, Matatabi), lebih dikenal sebagai Ekor-Dua (ニ尾, Nibi), adalah salah satu dari sembilan binatang berekor.

IsobuEdit

Untuk halaman utama, lihat: Isobu

Isobu (磯撫, Isobu), lebih dikenal sebagai Ekor-Tiga (三尾, Sanbi), adalah satu dari sembilan monster berekor.

Son GokūEdit

Untuk halaman utama, lihat: Son Gokū

Son Gokū (孫悟空, Son Gokū), lebih dikenal sebagai Ekor-Empat (四尾, Yonbi), adalah salah satu dari sembilan monster berekor.

KokuōEdit

Untuk halaman utama, lihat: Kokuō

Kokuō (穆王, Kokuō), atau lebih dekenal sebagai Ekor-Lima (五尾, Gobi), adalah salah satu dari monster berekor.

SaikenEdit

Untuk halaman utama, lihat: Saiken

Saiken (犀犬, Saiken), yang lebih dikenal sebagai Ekor-Enam (六尾, Rokubi), adalah salah satu dari monster berekor.

ChōmeiEdit

Untuk halaman utama, lihat: Chōmei

Chōmei (重明, Chōmei), atau lebih dikenal sebagai Ekor-Tujuh (七尾, Nanabi), adalah salah satu dari sembilan monster berekor.

GyūkiEdit

Untuk halaman utama, lihat: Gyūki

Gyūki (牛鬼, Gyūki), atau lebih dikenal sebagai Ekor-Delapan (八尾, Hachibi), adalah salah satu dari sembilan monster berekor.

KuramaEdit

Untuk halaman utama, lihat: Kurama

Kurama (九喇嘛, Kurama), lebih dikenal sebagai Ekor Sembilan (九尾, 'Kyubi'), adalah salah satu dari sembilan monster berekor.

Ekor-SepuluhEdit

Untuk halaman utama, lihat: Ekor-Sepuluh

Ekor-Sepuluh (十尾, Jūbi) adalah makhluk yang diciptakan oleh entitas gabungan dari Shinju dan Kaguya Ōtsutsuki untuk merebut kembali chakra yang diwarisi oleh anak-anaknya, Hagoromo dan Hamura, dan terikat pada legenda Petapa dari Enam Jalan dan kelahiran shinobi.

Kasus Serupa Edit

Trivia Edit

  • Shukaku, Matatabi, Gyūki, dan Kurama adalah satu-satunya monster berekor yang didasarkan pada hewan populer yōkai (seperti tanuki, nekomata., Ushi-oni, dan kitsune masing-masing) dari mitos Jepang, sementara yang lain adalah ciptaan asli oleh Masashi Kishimoto, pencampuran bersama-sama berbagai elemen dari spesies tertentu dari hewan.
  • Sementara sebagian monster berekor memiliki ekor kontemporer, Chōmei dan Gyūki memiliki ekor berbeda; Chōmei memiliki satu ekor reguler dan enam sayap yang membentuk tujuh ekor, sementara Gyūki memiliki delapan cabang Cephalopoda yang berfungsi sebagai ekor.
  • Menurut beberapa, kekuatan besar monster berekor memiliki lanjutan kemarahan oleh alamnya, yang membatasi mereka dari cukup cerdas untuk menggunakannya secara efektif, sehingga ketika monster berekor yang disegel dalam manusia, mereka dapat memanfaatkan dari pengetahuan tentang inang mereka, memberi mereka kemampuan untuk lebih memanfaatkan kekuatan mereka.[29] Namun, ini terbukti palsu.
  • Meskipun semua monster berekor mendapatkan nama dari Hagoromo, hanya beberapa seperti Son Goku menyebut diri mereka dengan nama yang benar. Lainnya, seperti Kurama dan Gyūki, lebih memilih untuk merujuk satu sama lain dengan jumlah masing-masing ekor.
  • Karena asal bulan dan itu menjadi penyagel wadah Ekor-Sepuluh, monster berekor dan kemudian jinchūriki mereka dipengaruhi oleh hal itu, dan masih banyak lagi sehingga saat bulan purnama:
    • Menurut Gaara, Shukaku mendapat kesempatan untuk membunuh siapa pun yang terlihat setiap saat karena yang marah bawaan dan haus darah, tapi khususnya saat bulan purnama.[30]
    • Dalam anime, Blue B, selama waktu sebagai jinchūriki Gyūki, mengatakan bahwa ia mengalami kesulitan tidur di malam hari, terutama saat bulan purnama dan pada satu titik terbukti harus menekan manifestasi parsial ekor Gyūki setelah ia menatap bulan purnama. Blue B juga ditampilkan mengambil pil tidur untuk membantu dengan efek samping ini menjadi jinchūriki.[31]
  • Beberapa shinobi non-jinchūriki telah dikatakan untuk menahan tingkat chakra, cadangan atau kekuatan, sebanding dengan monster berekor. Mereka tersebut termasuk Kisame Hoshigaki, Hashirama Senju, Madara Uchiha, yang Raikage Ketiga, dan Raikage Keempat. Bahkan, Kisame telah diberikan julukan dari Monster Berekor Tanpa Ekor (尾を持たない尾獣, O o Motanai Bijū; TV Bahasa Inggris "Tailless Tailed Beast").[32][33] Selain itu, Madara telah menyatakan bahwa kekuatan Susanoo terakhirnya adalah sebanding dengan monster berekor.[34]
  • Seekor monster berekor dapat "mati" dengan jinchūriki, jika masih disegel dalam diri mereka pada saat kematian inangnya, tetapi sebagai hidup chakra monster itu sendiri akan hidup kembali kemudian.[35][36][37]
    • Sejak Rin Nohara meninggal tanpa Isobu dikeluarkan, Isobu adalah yang pertama dikenal "mati" dan dihidupkan kembali.[38][39]
  • Dalam manga, sebelum Taka mulai bekerja dengan Akatsuki, Akatsuki dikatakan memiliki tujuh ekor monster. Dalam anime, ketika Taka dikirim untuk menangkap Gyūki, kelompok itu memiliki enam, monster yang hilang ketujuh adalah Saiken yang membuat ruang untuk tambahan busur hanya anime.
  • Dalam anime, enam monster berekor yang digunakan Obito sebagai Enam Jalan Pain, semua berbagi aktor suara dengan salah satu jinchūriki masing masing-masing.
  • Selama Bagian I dan II dari anime, bagaimana monster berekor berbicara sudah sangat tidak konsisten. Kurama menjadi kasus utama, karena berbicara dengan atau tanpa gerakan mulut.

Referensi Edit

  1. Naruto bab 256, halaman 14
  2. 2,0 2,1 Naruto bab 404, halaman 14
  3. Naruto Bab 496, halaman 10
  4. Naruto bab 568, halaman 10
  5. Naruto Bab 572, halaman 6-7
  6. Naruto bab 572, halaman 10
  7. Naruto bab 609, halaman 13-14
  8. Naruto bab 670
  9. Naruto Bab 510, halaman 11-12
  10. Naruto bab 572, halaman 12-13
  11. Naruto bab 467, halaman 14-17
  12. Naruto Bab 567, halaman 10
  13. Naruto Bab 568, halaman 13
  14. Naruto bab 648, halaman 10-12
  15. Naruto Bab 561, halaman 8
  16. Naruto bab 606, halaman 8
  17. Naruto Bab 606, halaman 14
  18. Naruto bab 602, halaman 12
  19. Naruto Bab 606, halaman 4-9
  20. Naruto Bab 468, halaman 6
  21. Naruto bab 536, halaman 15-17
  22. Naruto bab 537, halaman 12, 15-16
  23. Naruto bab 592, halaman 10-11
  24. Naruto bab 601, halaman 10-11, 16-17
  25. Naruto bab 609, halaman 13-17
  26. Naruto bab 651-652
  27. Naruto bab 654, halaman 14-15
  28. Naruto. bab 656-658
  29. Naruto bab 318, halaman 11
  30. Naruto bab 91 , halaman 19
  31. Naruto: Shippuden Episode 318
  32. Naruto bab 463, halaman 8
  33. Naruto bab 468, halaman 9
  34. Naruto bab 589, halaman 7
  35. Naruto bab 503, halaman 14, 17
  36. Naruto bab 541, halaman 10
  37. Naruto bab 543, halaman 9
  38. Naruto bab 605
  39. Naruto bab 629, halaman 14-16

Also on Fandom

Random Wiki