FANDOM

Ini adalah artikel tentang seri Anime dan Manga Naruto. Untuk artikel tentang karakter utama Naruto Uzumaki, menuju ke Naruto Uzumaki. Untuk kegunaan lain, lihat Naruto (disambiguasi).

Naruto (ナ ル ト, NARUTO) adalah manga oleh Masashi Kishimoto dengan adaptasi serial TV anime. Karakter utamanya, Naruto Uzumaki, adalah ninja remaja, hiperaktif, keras kepala yang terus-menerus mencari persetujuan dan pengakuan, untuk menjadi Hokage, yang diakui sebagai pemimpin dan yang terkuat dari semua Ninja di desa.

Manga ini pertama kali diterbitkan oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shōnen Jump Jepang. VIZ Media menerbitkan versi diterjemahkan dalam American Shonen Jump, dan saat ini dalam beberapa jilid publikasi Jepang. Naruto telah menjadi manga terlaris VIZ Media.[1]

Serial anime, yang diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, tayang perdana di Jepang pada jaringan terestrial TV Tokyo dan jaringan televisi satelit anime Animax pada 3 Oktober 2002, dan masih ditayangkan. Viz juga melisensi produksi anime Amerika Utara. Naruto memulai debutnya di Amerika Serikat di blok pemrograman Cartoon Network Toonami pada tanggal 10 September 2005, dan di Kanada oleh YTV Bionix pada 16 September 2005. Naruto mulai ditayangkan di Inggris oleh Jetix pada tanggal 22 Juli 2006. Mulai ditayangkan oleh Toasted TV pada tanggal 12 Januari 2007 di Australia, meskipun seri pertama yang berlangsung sembilan musim bisa disaksikan di Cartoon Network tahun 2006, sedangkan yang kedua mulai pertamanya pada tanggal 15 Februari 2007.

Pada 22 November 2012, VP of Strategic Marketing & Promotions for Cartoon Network, Jason DeMarco, telah mengumumkan Naruto akan kembali ke Toonami pada hari Sabtu, 1 Desember 2012. Juga, mereka menyebutkan bahwa anime akan dipotong dan waktu tayang akan menjadi 00:30. Acara ini akan dimulai sepanjang jalan kembali ke episode 1 dan melanjutkan.

Manga Naruto Edit

Lihat juga: Daftar Volume dan Perbedaan Bab-Tankōbon

Manga Naruto saat ini memiliki 70 volume dan 688 bab (pada 18 Agustus 2014).

Percontohan Manga Naruto Edit

Artikel Utama: Percontohan Manga Naruto
Naruto World Map.svg

Geografi Naruto

Pada tahun 1997 Masashi Kishimoto menciptakan inkarnasi pertama dari seri Naruto. Memulai debutnya di Akamaru Jump, Naruto one-shot akan menjadi inkarnasi pertama Kishimoto tentang alam semesta Naruto. Meskipun plot one-shot sedikit membawa kemiripan dengan Shonen manga kemudian, banyak dari tema karakter dan ninja yang sama akan ditampilkan untuk pertama kalinya.

Pertumbuhan dan Popularitas Edit

Panjang seri dan popularitas adalah sebanding dengan Dragon Ball Akira Toriyama, tindakan populer lain / seni bela diri yang berorientasi shōnen manga, dan salah satu yang dikatakan sangat mempengaruhi manga Kishimoto, Naruto. Sejak pendiriannya, Naruto telah melahirkan sejumlah besar fansites yang berisi informasi rinci, panduan, dan forum yang aktif. Beberapa situs yang pertama dan paling populer ditargetkan pada khalayak berbahasa Inggris didirikan tak lama setelah volume pertama manga bahasa Inggris dirilis pada bulan Agustus 2003 juga, seperti banyak manga dan anime judul lainnya, Naruto juga telah melahirkan permainan kartu koleksi sendiri.

Sebelum debut anime Amerika Utara pada tahun 2005, beberapa kelompok scanlation dan fansub menerjemahkan seri dan membuatnya tersedia untuk di-download gratis di internet. Meskipun dirasakan kecenderungan perusahaan-perusahaan Amerika Utara untuk menuntut kelompok fansubbing lebih sering daripada perusahaan Jepang,[2] ada beberapa yang terus menerjemahkan episode Naruto baru karena kesenjangan yang sangat besar antara versi bahasa Inggris dan Jepang.

Volume 7 dari manga telah memenangkan Quill Award untuk novel grafis terbaik di Amerika Utara.[3] Dalam TV Asahi atas 100 Anime Ranking terbaru, Naruto peringkat ke-17 dalam daftar.[4]

Rincian Anime Edit

Lihat juga: Daftar Episode dan Perbedaan Anime-Manga

Meskipun debutnya beberapa waktu setelah manga, anime cepat penayangannya, karena salah satu episode anime biasanya mencakup satu atau dua bab manga. Untuk mencegah tumpang tindih, produsen anime cenderung untuk mengatur konten dari bab manga menjadi panjang, bagian kosong diisi oleh tindakan singkat, kadang-kadang menambahkan konten pengisi di antaranya. Pada saat Busur Pengambilan Sasuke berakhir di anime (episode 135), seri ini pada titik di mana ia cepat daripada manga. Pada akhir busur ini, anime segera beralih ke episode hanya anime untuk memungkinkan manga memperluas kesenjangan sekali lagi. Sebagian besar episode ini adalah cerita yang berdiri sendiri, dengan menjadi bagian dari beberapa busur serta beberapa episode panjang, dan berlangsung selama total 85 episode di seri pertama.

Setelah seri kembali ke episode adaptasi manga, namanya berubah menjadi Naruto: Shippūden (ナルト 疾風伝, Naruto Shippūden; Secara harfiah berarti "Badai Sejarah Naruto"). Seri baru ditayangkan pada 15 Februari 2007.

Anime umumnya tetap setia pada manga, biasanya berubah hanya detail kecil (penyebab kematian, kehilangan anggota tubuh, dan luka-luka lainnya telah berkurang di anime) atau memperluas bagian yang dilewati oleh manga, seperti pertarungan antara Tenten dan Temari. Busur hanya anime, meskipun rintisan dalam manga (menabung untuk adegan kurang), berada pada antara volume manga, yang mencakup periode yang singkat sebelum Busur Pengambilan Sasuke dan beberapa bulan sebelum waktu timeskip. Busur hanya anime cenderung menutupi karakter pendukung, kadang-kadang memberikan wawasan karakter yang dinyatakan jarang terlihat.

Episode baru, animasi oleh Studio Pierrot, mingguan mengudara di TV Tokyo Jepang selama slot Golden Time (setara prime time Jepang di Amerika Serikat). Pada 5 Oktober 2006, ditayangkan pada Kamis malam. Seri ini juga telah melahirkan sembilan film, Naruto Film, Naruto Film 2, Naruto Film 3, Naruto: Shippūden Film, Naruto Shippūden Film 2, Naruto Shippūden Film 3, Naruto Shippūden 4: The Lost Tower, Naruto 5: Blood Prison dan Naruto 6: Road to Ninja.

Siaran Bahasa-Inggris Edit

Pada tanggal 10 September 2005, Naruto memiliki satu jam premier di Amerika Serikat di Toonami Cartoon Network. Episode pertama dari Naruto perdana di Kanada oleh YTV pada tanggal 16 September 2005. Di Inggris, Naruto perdana oleh Jetix pada tanggal 22 Juli 2006 Di Australia dan Selandia Baru ditayangkan di Cartoon Network pada tanggal 27 September 2006. Pada tanggal 28 Oktober 2009, Disney XD mulai menayangkan episode Inggris yang dijuluki Naruto: Shippūden.

Dalam rilis anime bahasa Inggris, Naruto disiarkan dengan rating TV-PG di AS dan rating PG di Kanada. Episode lebih eksplisit, seperti debutnya Jiraiya dan pertempuran dengan Zabuza, telah diberi TV-PG-DS atau rating TV-PG-V. Referensi alkoholisme, perbedaan budaya Jepang, bahasa kasar, situasi seksual ringan, dan bahkan darah dan kematian tetap dalam versi bahasa Inggris, meskipun berkurang.[5] Jaringan lain membuat konten suntingan tambahan terpisah dari suntingan yang dilakukan oleh Cartoon Network, seperti darah, bahasa, dan sejenisnya lebih disensor ketat oleh Jetix, .

Plot Ikhtisar Edit

Informasi Lebih Lanjut: Plot Naruto, Plot Naruto: Shippūden

Dua belas tahun sebelum peristiwa pada fokus seri, Iblis Rubah Berekor-Sembilan menyerang Konohagakure. Monster adalah iblis yang kuat; ayunan tunggal dari salah satu ekornya akan menciptakan tsunami dan bahkan meratakan gunung. Hal ini mengakibatkan kekacauan dan menyebabkan kematian banyak orang, sampai pemimpin Konoha, Hokage Keempat, dikalahkan dengan mengorbankan hidupnya sendiri untuk menyegel iblis di dalam anak yang baru lahir. Nama itu anak adalah Naruto Uzumaki.

Hokage Keempat dianggap sebagai pahlawan untuk menyegel Ekor-Sembilan lagi. Dia ingin Naruto harus dihormati dengan cara yang sama sebagai inang untuk Ekor-Sembilan. Di desa ia dibesarkan, bagaimanapun, sebagian besar menjauhi Naruto; mereka menganggapnya seolah-olah ia Ekor-Sembilan itu sendiri dan menganiaya dia dalam sebagian besar masa kecilnya.

Sebuah keputusan yang dibuat oleh Hokage Ketiga membuat penduduk desa lainnya dilarang untuk menyebutkan hal ini kepada siapa pun, bahkan kepada anak-anak mereka sendiri. Namun, ini tidak menghentikan mereka dari memperlakukan Naruto seperti orang buangan. Meskipun anak-anak mereka tidak secara khusus tahu mengapa orang tua mereka memperlakukan Naruto seperti yang mereka lakukan, mereka belajar melalui contoh untuk membenci anak itu. Akibatnya, Naruto tumbuh sebagai anak yatim dalam suasana kesepian tanpa teman, keluarga, atau pengakuan. Dia tidak bisa memaksa orang untuk berteman dengan dia, sehingga ia mencari pengakuan dan perhatian satu-satunya cara yang dia tahu melalui lelucon dan kerusakan. Namun, semua segera berubah setelah Naruto lulus dari Akademi dengan menggunakan Teknik Klon Bayangan Ganda untuk menyelamatkan gurunya, Iruka Umino, dari ninja pemberontak Mizuki. Pertemuan itu memberi Naruto dua wawasan: bahwa ia adalah wadah dari Ekor-Sembilan, dan bahwa ada seseorang selain Hokage Ketiga yang benar-benar peduli tentang dia. Lulus dari akademi membuka pintu gerbang ke peristiwa dan orang-orang yang akan mengubah dan menentukan dunianya, termasuk caranya ninja untuk sisa hidupnya.

Naruto mempertahankan keseimbangan antara drama dan komedi, dengan banyak tindakan yang diselingi. Hal ini mengikuti Naruto dan pertumbuhan pribadi teman-temannya dan pengembangan Ninja, serta menekankan interaksi mereka satu sama lain dan pengaruh latar belakang mereka pada kepribadian mereka. Naruto menemukan dua orang teman Sasuke Uchiha dan Sakura Haruno, dua rekan ninja muda yang ditugaskan dengan dia untuk membentuk tim tiga orang di bawah sensei yang sangat berpengalaman bernama Kakashi Hatake. Naruto juga diakui oleh karakter lain yang ia telah temui melalui Ujian Chūnin. Mereka belajar kemampuan baru, untuk mengenal satu sama lain serta desa lain dengan cara yang lebih baik, dan mengalami perjalanan seperti ini Naruto bercita-cita menjadi Hokage Konoha.

Naruto menempatkan penekanan kuat pada pengembangan karakter. Hampir semua hasil adalah hasil dari keputusan dan kepribadian karakter; sangat sedikit hal yang terjadi hanya karena kebetulan. Pada awalnya, penekanan ditempatkan pada Naruto, Sasuke, dan Sakura, yang merupakan anggota Tim 7 Namun, karakter lain yang dikembangkan, seperti Kakashi, Guy, dan Jiraiya, serta rekan-rekan Naruto di tim Genin lain dan lainnya di desa.

Beberapa penjahat utama datang ke dalam seri juga, yang pertama adalah Zabuza Momochi, ninja pengejaran dari Kirigakure, dan rekannya, Haku. Kemudian, dalam Busur Ujian Chūnin, Orochimaru diperkenalkan sebagai ninja pengejaran Kelas-S di bagian atas daftar paling dicari Konoha. Kemudian, sebuah organisasi misterius bernama Akatsuki mulai mengejar Naruto untuk mengambil Ekor-Sembilan dalam dirinya dan memanfaatkan kekuatannya.

Karakter Edit

Lihat juga: Karakter

Naruto memiliki pemain besar dan karakter berwarna-warni, menjalankan cerita dari sejarah rinci dan kepribadian yang kompleks, dan memungkinkan banyak dari mereka ditempatkan adil dalam sorotan; mereka juga terlihat tumbuh dan matang bersama seri, karena mencakup beberapa tahun. Saat setelah timeskip, dunia Naruto terus mengembang dan mengental, serta hubungan sosialnya terkecuali — selama pengembaraannya — gurunya dan pemimpin desa terus membaik, dan selagi cerita berlangsung, semakin lebih banyak orang menjadi bagian dari ceritanya.

Para siswa di Akademi, di mana cerita dimulai, dibagi menjadi tiga tim setelah mereka lulus dan menjadi Genin. Setiap tim diberikan sebuah sensei yang berpengalaman. Tim inti membentuk dasar untuk interaksi karakter dalam seri, di mana karakter yang dipilih untuk misi membuat kekuatan dan keterampilan tim mereka saling melengkapi; Tim 7 Naruto menjadi bingkai sosial dimana Naruto berkenalan dengan Sasuke Uchiha dan Sakura Haruno, dan sensei mereka Kakashi Hatake, juga disebut "ninja penyalin" karena menyalin ribuan teknik Ninja dengan Sharingan, sehingga membentuk inti dari dunianya. Tim tiga orang lain yang juga mantan teman sekelasnya membentuk lapisan seperti yang lain, seperti Naruto berhubungan dengan mereka untuk belajar motif, kelemahan, dan aspirasi mereka dan sering mengaitkannya dengan diri sendiri. Kelompok tiga orang tidak terbatas pada kawan-kawan usia Naruto, kelompok dalam cerita pada umumnya datang dalam jumlah tiga dan kelipatan tiga dengan sangat sedikit pengecualian.

Hubungan sensei-murid memainkan peran penting dalam seri; Naruto memiliki sejumlah mentor dengan siapa ia berlatih dan belajar, terutama Kakashi Hatake dan Jiraiya, dan sering ada benang tradisi dan bimbingan mengikat bersama beberapa generasi. Panutan ini memberikan panduan untuk siswa mereka tidak hanya di seni ninja tetapi juga di sejumlah estetika Jepang dan cita-cita filosofis. Teknik, cita-cita, dan mentalitas terasa berjalan dalam keluarga, Naruto sering terkena kemampuan dan tradisi klan generasi-tua di desanya ketika teman-teman dari kelompok usia sendiri menunjukkan mereka, atau bahkan mencapai perbaikan mereka sendiri; dicatat bahwa generasi Naruto sangat berbakat.

Banyak misteri besar dari seri, pertanyaan motif karakter dan identitas. Warisan orang tua Naruto, tujuan yang memandu Kabuto Yakushi, identitas pemimpin Akatsuki misterius hanya beberapa pertanyaan yang belum terjawab fundamental "siapa" dan oleh proksi "mengapa" saat ini merupakan inti dari seri. Cerita ini sangat mendorong karakter; tema kausalitas berjalan inheren di seluruh seri saat karakter membalas atas tindakan masa lalu mereka dan hubungannya. Dalam hal ini, nasib karakter masing-masing sangat terkait, dan penekanan besar ditempatkan pada persahabatan dan ikatan antara masyarakat atau individu.

Nama karakter sering meminjam dari mitologi Jepang, cerita rakyat dan sastra (seperti nama yang dipinjam dari cerita rakyat Jiraiya Goketsu Monogatari), atau permainan kata-kata lain yang rumit; sering ada pengaruh nyata dari cerita di balik nama yang ditanggung oleh karakter.[6]

TriviaEdit

  • Dalam volume manga Naruto versi Indonesia selalu terdapat ketidakkonsistenan dimana judul pada volume dan isi bab kadang Berbahasa Inggris bukan Indonesia.
  • Dalam versi anime disulihsuarakan Bahasa Indonesia selalu terdapat ketidakkonsistenan jutsu yang kadang ditranslasi dan kadang tidak.

Referensi Edit

Pranala Luar Edit

Ensiklopedi Online Indonesia

Inggris

Jepang

Also on FANDOM

Random Wiki