Fandom

Narutopedia Indonesia

Ninja Medis

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Medical-nin.png

Seorang ninja medis.

Ninja Medis (医療忍, Iryō-nin) adalah ninja yang mengkhususkan diri dalam pengobatan dan penggunaan teknik medis untuk menyembuhkan orang lain. Menjadi ninja medis memerlukan kecerdasan tinggi dan pengendalian chakra yang sangat baik.[1] Sebuah ninja medis dilatih untuk menghindari cedera dengan cara apapun, dengan alasan bahwa jika mereka terluka, maka tidak akan ada seorang pun yang dapat menyembuhkan anggota lain dari tim mereka. Ninja medis menemani ninja lainnya dalam misi peringkat tinggi untuk meningkatkan tingkat keberhasilan misi dan tingkat kelangsungan hidup pasukan secara keseluruhan.

Medical Teams Symbol.svg.png

Simbol tim ninja medis Konohagakure. Kanji tersebut berarti "dokter" dalam Bahasa Jepang.

Ninja medis memanfaatkan Teknik Tapak Mistik — teknik yang digunakan untuk menyembuhkan rekan dan juga dapat digunakan dalam operasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat sayatan yang tepat dan kemudian berfungsi sebagai sarana untuk menyembuhkan luka. Untuk cedera yang lebih serius, beberapa ninja medis dapat menggabungkan upaya mereka dengan teknik seperti Teknik Regenerasi Penyembuhan Resusitasi yang menggunakan sebagian dari tubuh pasien sendiri, sebagai media untuk membantu proses penyembuhan.

Pengetahuan ninja medis dapat digunakan untuk berbagai tujuan; misalnya, Hana Inuzuka adalah ninja medis hewan yang mengkhususkan diri dalam pengobatan ninken. Chiyo, di masa lalu, menggunakan pengetahuan pengobatannya untuk membuat racun mematikan. Namun, usahanya sering digagalkan oleh Tsunade, yang terkenal sebagai ninja medis terhebat di dunia.

Ninja medis lapangan (setidaknya Konoha), saat di lapangan atau di medan perang, dilengkapi dengan kantong medis untuk membawa perlengkapan medis serta senjata biasa mereka.

Menurut Madara Uchiha, Hokage Pertama, Hashirama Senju, juga bisa menggunakan ninjutsu medis secara ahli sehingga dia bisa menyembuhkan dirinya sendiri langsung tanpa perlu membentuk segel tangan; Madara menyimpulkan bahwa Tsunade, yang dikabarkan sebagai ninja medis terhebat di dunia, artinya jika dibandingkan — Tsunade awalnya mengakui dirinya — tapi setelah melihat Tipuan Ninja Penciptaan Kelahiran Kembali miliknya — Teknik Seratus Kekuatan, Madara menganggap kemampuan penyembuhan Tsunade mirip dengan kakeknya.[2]

Tsunade juga telah diakui dengan menciptakan sistem resmi ninja medis serta ia membuat peraturan yang muridnya dan ninja medis lainnya sama-sama, harus mematuhi.[3] Empat peraturan yang mengatur ninja medis adalah:

  1. Peraturan pertama (第一項, Daiikkō): "Tidak ada seorang ninja medis yang akan berhenti melakukan pengobatan sampai hidup anggota pasukan mereka berakhir." (「医療忍者は決して隊員の命尽きるまで治療を諦めてはならない」, "Iryō ninja wa kesshite taiin no inochi tsukeru made chiryō o akiramete wa naranai.")
  2. Peraturan kedua (第二項, Dainikō): "Tidak ada seorang ninja medis yang akan berdiri di garis depan." (「医療忍者は決して最前線に立ってはならない」, "Iryō ninja wa kesshite saizensen ni tatte wa naranai.")
  3. Peraturan ketiga (第三項, Daisankō): "Tidak ada seorang ninja medis yang akan mati sampai mereka yang terakhir dari pasukan mereka. " (「医療忍者は決して小隊の中で最後まで死んではならない」, "Iryō ninja wa kesshite shōtai no naka de saigo made shinde wa naranai.")
  4. Peraturan keempat (第四項, Daiyonkō): "Hanya ninja medis yang telah menguasai Teknik Seratus Kekuatan dari tipuan ninja Penciptaan Kelahiran Kembali dizinkan untuk mengabaikan peraturan yang telah disebutkan." (「忍法創造再生の百豪の術を極めし医療忍者のみ 上記の掟を破棄できる」, "Ninpō Sōzō Saisei no Byakugō no Jutsu o kiwameshi iryō ninja nomi, jōki no okite o haki dekiru.")

Karena Tsunade dan Sakura adalah satu-satunya yang mampu menggunakan Tipuan Ninja Penciptaan Kelahiran Kembali — Teknik Seratus Kekuatan, secara efektif berarti bahwa mereka adalah satu-satunya ninja medis yang diperbolehkan untuk melanggar aturan di atas.

Referensi Edit

  1. Bab 236, halaman 3
  2. Bab 576, halaman 15
  3. Bab 577, halaman 1-2

Also on Fandom

Random Wiki