Fandom

Narutopedia Indonesia

Ninjutsu Penghalang

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Barrier - Dome Method Formation.png

Jiraiya menggunakan ninjutsu penghalang.

Ninjutsu Penghalang (結界忍術, Kekkai Ninjutsu; Secara harfiah berarti "Teknik Ninja Penghalang") adalah badan gabungan penghalang dalam teknik. Pada dasarnya teknik ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi semacam penghalang. Pengguna dapat membangun halangan-halangan yang bisa digunakan untuk melindungi diri mereka sendiri, atau untuk menjebak lawan, dan juga memiliki berbagai kegunaan lain.

Penggunaan Edit

Ada juga beberapa spesies hewan yang memanfaatkan teknik penghalang seperti Labu Kodok dari Gunung Myōboku yang menghalangi dengan teknik Teknik Penghalang: Penjara Labu Kodok. Penghalang juga telah digunakan untuk tujuan ofensif dan defensif.

Penghalang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mencegah orang luar masuk, seperti pada Penghalang Lima Segel; untuk mencegah orang-orang di dalam meninggalkan batas-batas penghalang, dan bahkan mencegah mereka yang terjebak dalam menggunakan teknik-teknik tertentu, seperti yang telah dilakukan untuk menghentikan Dan Katō dari memanfaatkan Teknik Transformasi Roh dengan mendirikan Formasi Empat Api Ungu di sekelilingnya.

Kekuatan dan efisiensi penghalang tampaknya tergantung pada jenis teknik yang digunakan untuk membuat penghalang itu sendiri, dan kemampuan orang lain untuk melawannya, memasukkan, atau menghancurkan penghalang. Penghalang Memperbaiki Diri Sendiri, yang dibuat dengan menyingkronkan beberapa shinobi, diduga mampu menahan jinchūriki dan monster berekornya, tetapi telah terbukti tidak mampu untuk menangani upaya gabungan dari dua jinchūriki yang ingin keluar. Penghalang Formasi Empat Yang Merah kuat hanya dapat digunakan oleh empat shinobi sekaliber Kage. Formasi Enam Yang Merah adalah penghalang tingkat tertinggi yang pernah ada, digunakan hanya oleh mereka yang memiliki Kekuatan Enam Jalan dan Rinnegan.[1]

Beberapa Ninjutsu Penghalang tampaknya memiliki keterkaitan dengan Ninjutsu Ruang-Waktu, dengan memanipulasi penghalang ruang-waktu kontinum tersendiri: contoh termasuk bagian dalam Penjara Labu Kodok, yang merupakan penghalang dari dunia yang berbeda, sementara transfer Kamui terhadap target ke dimensi lain dan Teknik Dewa Guntur Terbang: Membimbing Guntur membawa target ke lokasi lain kunai tersebut.

Melawan Edit

Meskipun penghalang dimaksudkan untuk melindungi sebuah daerah dari masuknya sesuatu atau sebaliknya, mereka dapat dilalui dalam cara yang berbeda. Untuk penghalang tertentu, pengguna dapat membuat lubang untuk orang melewatinya,[2] atau jika orang lain tahu segel tangan tertentu untuk membuka sementara penghalang tanpa menghilangkannya, seperti saat Deidara membuka Penghalang Lima Segel atau Itachi Uchiha membiarkan dirinya dan Kisame Hoshigaki untuk lolos dari Penghalang Sensor.

Beberapa Penghalang dapat rusak oleh kekuatan tertentu, seperti saat Kakuzu menekan melalui Segel Dinding Besi atau Obito Uchiha yang merobek Formasi Empat Yang Merah. Hal ini tergantung pada kekuatan serangan yang harus sebanding dengan penghalang.

Mengabaikan kekuatan penghalang apapun, bahkan yang paling kuat, dimaksudkan untuk mencegah deteksi dan/atau dideteksi oleh pihak luar, mereka dapat dielakkan dengan penggunaan Ninjutsu Ruang-Waktu, karena hambatan hanya menciptakan pada batas-batas tertentu, di manaNinjutsu Ruang-Waktu dapat melewati mereka dengan pergi ke dimensi lain. Contoh utama adalah ketika Obito Kamui, yang digunakan untuk mendapatkan akses ke tempat di mana Kushina Uzumaki melahirkan Naruto Uzumaki,[3][4] atau ketika Minato Namikaze menggunakan Teknik Terbang Dewa Guntur untuk menteleportasi sejumlah besar orang di luar batas yang dinyatakan tak terhindarkan dari Obito dalam Formasi Enam Yang Merah.[5]

Referensi Edit

  1. Buku Data Keempat, halaman 255
  2. Bab 632, halaman 11
  3. Bab 500, halaman 14
  4. Bab 502, halaman 11
  5. Bab 644, halaman 12-13

Also on Fandom

Random Wiki