Fandom

Narutopedia Indonesia

Rasa

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Rasa[1]
Yondaime Kazekage.png
羅砂, Rasa
Kazekage Keempat (四代目風影, Yondaime Kazekage; Secara harfiah berarti "Bayangan Angin Keempat")
Debut
Manga Volume #11, Bab #95
Anime Dia Terbang! Dia Melompat! Dia Mengintai! Kepala Kodok Muncul!
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm 3
Penampilan Anime, Manga dan Permainan
Pengisi Suara
Jepang Masahiko Tanaka
Inggris Crispin Freeman
Pribadi
Tanggal Lahir Astrological Sign Aries.svg 29 Maret
Jenis Kelamin Gender Male.svg Laki-laki
Status Mendiang
Umur Bagian I: 40
Tinggi Bagian I: 176.5 cm
Berat Bagian I: 64.1 kg
Darah A
Kekkei Genkai Nature Icon Magnet.svg Elemen Magnet
Pekerjaan Kazekage
Afiliasi Sunagakure Symbol.svg Sunagakure
Klan Klan Kazekage Hanya di Novel
Tingkatan
Tingkatan Ninja Bagian I: Kage
Registrasi Ninja 28-115
Keluarga
Gaara (Putra)
Kankurō (Putra)
Temari (Putri)
Karura (Istri)
Shikadai Nara (Cucu)
Jenis Elemen
Nature Icon Magnet.svg Elemen Magnet
Nature Icon Wind.svg Elemen Angin
Nature Icon Earth.svg Elemen Tanah
Nature Icon Water.svg Elemen Air
Nature Icon Yin.svg Elemen Yin
Jutsu
Teknik Memanggil Gabungan Hanya di Manga
Elemen Magnet: Pemakaman Kaisar Pasir Emas
Perisai Pasir
Teknik memanggil Hanya di Manga
Mata ketiga
Elemen Air: Teknik Pisau Air Hanya di Novel
Alat
Pasir Emas

Rasa (羅砂, Rasa) dulunya adalah Kazekage Keempat (四代目風影, Yondaime Kazekage; Secara harfiah berarti "Bayangan Angin Keempat") pemimpin Sunagakure. Terkenal karena kemampuannya untuk menggunakan Pasir Emas, pemerintahan Rasa sebagai Kazekage ditandai dengan sering mengamuknya dengan Ekor-Satu Shukaku, yang telah disegel ke anak bungsunya, Gaara .

Latar Belakang Edit

Fourth Kazekage during Gaara's birth.png

Kazekage Keempat selama kelahiran Gaara.

Karena daimyo Tanah Angin memotong anggaran Sunagakure dan sebagai gantinya menggunakan jasa lebih murah Konohagakure, Kazekage Keempat melihat desanya sendiri dalam bahaya kepunahan. Untuk mencegah itu, ia memutuskan untuk fokus pada peningkatan kualitas ninja di desa. Dengan demikian, ia memerintahkan Chiyo untuk menyegel Shukaku dalam anak bungsunya, Gaara, sehingga ia bisa menjadi senjata pamungkas Suna. Akibatnya, istrinya, Karura meninggal karena melahirkan, sementara Gaara lahir prematur, meskipun putus asa Kazekage Keempat untuk menyelamatkan hidupnya. Dia kemudian mengajar Gaara ninjutsu, tapi menugaskan Yashamaru menjadi penjaga Gaara dari saudara tuanya Temari dan Kankurō.

Gaara lost control.png

Kazekage Keempat menjadi saksi Shukaku lepas kendali.

Namun, saat Gaara tumbuh dan kemampuannya mulai terwujud, Kazekage Keempat menyadari bahwa ini telah menjadi pilihan yang buruk, dan mulai melihat Gaara sebagai percobaan gagal yang mengancam penduduk Suna, karena sifat tidak stabil Gaara menyerang warga tidak sengaja. Terdesak oleh sumber daya desa sekarat dan dengan dewan menyatakan bahwa Gaara tidak berguna bagi mereka, Kazekage Keempat merumuskan rencana dengan Yashamaru untuk menguji kendali Gaara atas Shukaku. Setelah ini Yashamaru meninggal dan Gaara kehilangan kendali, yang memungkinkan Shukaku untuk menjadi liar. Kazekage Keempat menggunakan Pasir Emas nya untuk menghentikan monster itu. Setelah kejadian ini Kazekage Keempat melihat Gaara memang gagal dan mulai mengeluarkan perintah untuk pembunuhan Gaara, tetapi semua enam upaya berakhir gagal. Namun, kemudian ketika Gaara mulai memiliki kontrol lebih besar atas kekuatannya karena cita-cita barunya sendiri, Kazekage Keempat melihat ini sebagai kesempatan untuk memberikan kesempatan anaknya yang satu lagi, dan untuk menghargai kegunaan Gaara, sehingga berhenti membuat upaya pada kehidupan-nya anak laki-laki, dengan harapan dia menjadi alat yang ampuh.

Dalam anime, tercatat bahwa Kazekage Keempat juga mengirimkan Pakura saat kematiannya sebagai bagian dari perjanjian damai yang tidak adil antara mereka dan Kirigakure di mana hidupnya adalah untuk dibatalkan. Dia dikirim ke Kirigakure dengan dalih menjadi seorang utusan, di mana dia dibunuh. Menyalahkan ini dilemparkan pada Iwagakure yang desanya memiliki perseteruan dengan pada saat itu sebagai sarana untuk membangkitkan shinobi mereka berperang.[2] Selain itu, selama Perang Duni Shinobi Ketiga, saat Konohagakure ingin membentuk perjanjian damai dengan Iwa, mereka sengaja mengadakan pertemuan di perbatasan Suna, mendorong Kazekage dan pasukannya untuk mengawasi peristiwa jika pertempuran terjadi. Ia menyatakan ia akan berurusan dengan insiden itu jika terjadi, dan dengan, kelompok Iwa.[3] Juga, di anime, dikatakan bahwa Rasa mendirikan aturan untuk Akademi Sunagakure yang melarang anak-anak yang tidak memiliki keterampilan di ninjutsu atau genjutsu untuk hadir.

Dalam Novel Gaara Hiden: Badai Pasir Fatamorgana, dinyatakan bahwa Rasa sekali dibimbing Shigezane dalam teknik Elemen Air, agar dia mengumpulkan debu emas untuk Kazekage.

Video GamesEdit

Kazekage Keempat bisa dimainkan di video games:

Nama 

Rilis Bahasa Jepang

Rilis Bahasa Inggris

Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm Revolution 11 September 2014 16 September 2014

Trivia Edit

  • Nama "Rasa" (羅砂) secara harfiah berarti "iblis pasir".
  • Warna Rambutnya adalah warna ungu kusam dalam penampilan pertamanya, tetapi pirang dalam penampilan lainnya.[4]
  • Menurut Buku Data:
    • Makanan favoritnya adalah setiap hidangan dengan daging.
  • Sementara tidak memiliki nama dalam anime dan manga, di penampilan video gamenya, teknik Pasir Emas Kazekage Keempat dinamai sesuai teknik anaknya.
  • Seperti terungkap dalam Gaara Hiden, keturunan langsung Rasa sangat dihargai di Suna. Ketika putrinya menikah dengan shinobi Konoha Shikamaru Nara, menuntut Dewan Suna kedua putra Rasa yang lain harus menikah dan memulai keluarga karena mereka takut kehilangan garis keturunan langsung Rasa.

Kutipan Edit

  • (Untuk Gaara) "Kau benar-benar tumbuh Gaara... Satu-satunya hal yang orangtua perlu lakukan, adalah kepercayaan pada anak-anak mereka. Itu semua... Dan itu sendiri memiliki nilai sebenarnya."[5]
  • (Untuk Gaara) "Tampaknya aku tidak memiliki mata untuk menilai setelah semua. Pasir akan selalu melindungimu... Ini bukan kekuatan Shukaku yang kau gunakan, tapi ibumu Karura. Ibumu benar-benar mencintaimu."[5]
  • (Untuk Gaara tentang Karura) " Ibumu benar-benar kuat... Bahkan dalam kematian, ia tetap percaya padamu dan melindungimu... Itulah yang membantumu membawamu ke mana kamu hari ini."[6]
  • (Untuk Gaara tentang kekurangannya) "Sekarang Kau telah menjadi Kazekage... Dan kau telah membuat teman sejati... dan kau memiliki hubungan yang nyata dengan orang-orang. Mereka adalah semua hal yang saya curi.... Tapi aku, ayahmu, tidak pernah melakukan sesuatu untukmu.... tidak ... aku bahkan tidak bisa menyebut diriku ayahmu..."[6]
  • (Untuk Gaara sebelum dia disegel) "Lebih daripada yang pernah aku bisa harapkan. Kau melampaui aku... Aku mempercayakan desa kepadamu sekarang... Gaara..." [7]

Referensi Edit

  1. Buku Data Keempat, halaman 75
  2. Naruto: Shippūden episode 285
  3. Naruto: Shippūden episode 349
  4. Naruto episode 50
  5. 5,0 5,1 Bab 547, halaman 14
  6. 6,0 6,1 Bab 548, halaman 13
  7. Bab 548, halaman 14
Didahului oleh:
Kazekage Ketiga
Menjabat sebagai Kazekage Keempat Diteruskan oleh:
Gaara

Also on Fandom

Random Wiki