Fandom

Narutopedia Indonesia

Rinnegan

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments17 Share

Rinnegan[1]
Rinnegan.svg
Nama
Kanji 輪廻眼
Rōmaji Rinnegan
Harfiah Mata Saṃsāra
Lain Mata Enam Jalan (六道の眼, Rikudō no Me)[2]
Debut
Manga Volume #27, Bab #238
Anime Naruto Episode #135
Novel Boruto: Naruto the Movie
Film Naruto the Movie: Blood Prison
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja 5
OVA Naruto x UT
Penampilan Anime, Manga Permainan dan Film
Tanda
Klan Ōtsutsuki Clan Symbol.svg Klan Ōtsutsuki
Klasifikasi Kekkei Genkai, Dōjutsu
Pengguna Diketahui
Nagato
Hagoromo Ōtsutsuki
Momoshiki Ōtsutsuki (Hanya di Film)
Madara Uchiha
Obito Uchiha
Sasuke Uchiha
Zetsu Hitam
Jutsu
Shinra Tensei
Chibaku Tensei
Bansho Tenin
Kuchiyose: Gedo Mazou
Gedo Rinne Tensei no Jutsu (Jurus pembangkit kematian)

Rinnegan (轮迴眼; Secara harfiah berarti "Mata Samsara") terkenal sebagai mata paling mulia di antara Tiga Besar Dōjutsu (三大瞳术, San Daidōjutsu; Secara harfiah berarti "Tiga besar teknik mata").[3] Pengguna Rinnegan dikatakan diturunkan dari langit untuk menjadi "Dewa Penciptaan" yang akan menenangkan gangguan di dunia atau "Penghancur" yang akan membuat segala sesuatu menjadi ketiadaan.[1] Rinnegan ditandai dengan pola riak yang menyebar diseluruh bola mata.

Akuisisi Edit

Rinnegan pertama kali diwujudkan oleh Hagoromo Ōtsutsuki, diwarisi dari kekkei Mōra[Catatan 1] dari Rinne Sharingan ibunya. Dengan Rinnegan ia menyelamatkan dunia dari Ekor-Sepuluh dan menciptakan ninshū, nenek moyang ninjutsu moderen. Karena kontribusinya kepada dunia, Hagoromo menjadi dihormati sebagai "Petapa dari Enam Jalan" dan menjadi mitologi selama berabad-abad,[4] dengan demikian kedatangan Rinnegan akan dianggap oleh banyak orang sebagai legenda atau mutasi.[5]

Madara's rinnegan.png

Madara dengan Rinnegan di usia tuanya setelah menanamkan DNA Hashirama ke dalam dirinya sendiri.

Rinnegan dapat terbangun dengan menggabungkan chakra putra Hagoromo, Indra dan Asura, dalam rangka menciptakan chakra Hagoromo.[6] Zetsu Hitam berabad-abad mencoba untuk melakukannya, dengan mencoba untuk memanipulasi reinkarnasi dari Indra dan Asura untuk membangkitkan Rinnegan.[7] Tidak sampai saat reinkarnasi Indra Madara Uchiha dan akhirnya Zetsu Hitam berhasil, ketika Madara menanamkan dirinya dengan DNA dari Hashirama Senju reinkarnasi Asura saat itu. Namun, Sharingan Madara tidak menjadi Rinnegan sampai sedekade kemudian, pada akhir umurnya; sepertinya ini juga tampaknya memulihkan penglihatan hilang dari penggunaan Izanaginya.[8] Ketika Kabuto Yakushi mereinkarnasi Madara, ia beroperasi berdasarkan hipotesis serupa yang mana Sharingan dapat berkembang menjadi rinnegan melalui kombinasi dengan DNA Hashirama. Untuk itu ia berhasil menciptakan rinnegan dan direinkarnasikan ke tubuh Madara,[9] meskipun ini adalah mata palsu dan tidak memiliki akses penuh untuk kemampuan yang asli.[10]

Momoshiki juga menggunakan rinnegan. Tidak seperti kebanyakan dōjutsu, dan tidak seperti Rinnegan lainnya, matanyanya berada di telapak tangannya, dan berwarna merah sebagai lawan untuk menerangi ungu, mengingatkan pada Rinne Sharingan. Namun, setelah menyerap chakra dari Kinshiki, rinnegan Momoshiki menjadi ungu muda, dan dia memperoleh mata ketiga di dahinya.[11]

Sasuke's Rinnegan 2.png

Rinnegan Sasuke dengan enam tomoe.

Sharingan kiri Sasuke Uchiha menjadi Rinnegan ketika roh Hagoromo memberi setengah dari chakranya untuk Sasuke.[12] Rinnegannya memiliki enam tomoe berbeda dengan bentuk pertama yang juga beriak. Jika terlalu sering digunakan dan cukup lemah, Sasuke Rinnegan sementara akan kehilangan tomoe dan kekuatan penuh sampai terisi kembali. Periode pengisian tampaknya menjadi salah satu yang sangat panjang.[13] Sasuke juga akan kehilangan kemampuan untuk bahkan membentuk Mangekyo Sharingannya dan mengakses kekuatannya sampai mereka telah diisi ulang.[14]

Seperti halnya dōjutsu lain, rinnegan dapat ditransplantasikan ke orang lain. Madara menanamkan kedua matanya pada Nagato tanpa sepengetahuan anak itu,[15] dan Nagato mampu membuat penggunaan efektif dari rinnegan sepanjang hidupnya karena sedarah dengan Senju. Setelah kematian Nagato, rinnegan diambil oleh Tobi,[16] yang ditanamkan pada mata kirinya sendiri dan menyembunyikan yang lain karena dia tidak bisa menahan kekuatan kedua mata sekaligus.[17] Meski begitu, ia mampu menggunakan satu Rinnegan untuk pengaruh yang sangat kuat pada Perang Dunia Shinobi Keempat. Madara kemudian mengambil kembali kedua Rinnegan setelah ia dihidupkan kembali. Dan akhirnya meninggal dengan mereka.[18]

Kemampuan Edit

Di samping Rinne Sharingan, rinnegan adalah dojutsu yang paling kuat ada, dengan Tenseigan sebagai lawan terdekatnya. Mata ini memberikan penggunanya berbagai kemampuan tanpa persyaratan chakra diketahui untuk menjaga mata aktif. Kemampuan tertentu hanya tersedia bagi pemilik asli rinnegan, tetapi kepemilikan bahkan transplantasi rinnegan tunggal dapat memberikan kekuatan luar biasa.[17] Rinnegan dapat melihat aliran chakra, dan tenketsu dalam tubuh[19] tapi tidak dapat mendeteksi melalui hambatan seperti bom asap.[20] Dengan rinnegan, penggunanya dapat menguasai setiap jutsu serta transformasi alam kelima dengan mudah.​​[21] Seorang pengguna rinnegan mampu menciptakan penerima hitam, yang mana mereka dapat mengirimkan chakra mereka melintasi jarak jauh.[22] Rinnegan dapat juga sepenuhnya menguraikan isi prasasti batu Hagoromo.[23]

Nagato using the Asura Path.png

Nagato menggunakan Teknik Enam Jalan.

Memiliki rinnegan memberikan pengguna banyak kemampuan yang dikenal sebagai Teknik Enam Jalan:[24] kekuatan gravitasi Jalan Deva; hewan panggilan tersedia untuk Jalan Hewan; kekuatan serap terbatas dari Jalan Preta; kontrol atas jiwa orang lain dengan Jalan Manusia; pilihan mekanisasi berbeda dari Jalan Asura; akses Raja Neraka melalui Jalan Naraka. Nagato mendistribusikan salah satu kemampuan ini untuk masing-masing Enam Jalan Painnya - dimana enam mayat tertanam dengan penerima hitam. Kemampuan ketujuh, Jalan Luar, dikatakan memungkinkan pengguna untuk memimpin hidup dan mati sehingga mereka dapat menghidupkan orang mati,[24] memanggil dan mengontrol Patung Iblis dari Jalan Luar,[25] dan mewujudkan rantai chakra untuk mengikat orang lain.[26] Seperti halnya Sharingan dan Byakugan, yang dapat melihat melalui genjutsu, dan ketika dikombinasikan dengan semua chakra sembilan monster berekor dapat mematahkan genjutsu yang paling kuat yang pernah ada, Tsukuyomi Tidak Terbatas.[27]

Kemampuan Rinnegan tertentu hanya ditunjukkan oleh pengguna tunggal: Madara dapat melakukan Limbo: Penjara Garis untuk membuat bayangan jasmani yang hanya dapat dilihat oleh Rinnegan;[28] rinnegan Sasuke memungkinkan dia untuk melakukan pergeseran ruang dalam jarak tertentu dari dirinya sendiri;[29] rinnegan Momoshiki memungkinkan dia untuk menyerap ninjutsu dengan kontak, dan memberikan kepadanya kemampuan untuk memanfaatkan ninjutsu yang ia telah serap.[30]

Bentuk Rinnegan Edit

Trivia Edit

Rin'negan.png

Penampilan pertama anime dari Rinnegan.

  • Rinne (轮迴) adalah istilah Jepang untuk Samsara, siklus reinkarnasi atau kelahiran kembali di beberapa agama-agama India. Hal ini tercermin dalam nama semua Enam Jalan Pain, yang berbagi nama dengan samsara reinkarnasi alam.
  • Kanji Rin (輪, Roda) juga digunakan dalam Sharingan, berpotensi menghubungkan dua istilah etimologis.
  • Dalam anime, rinnegan digambarkan sebagai warna-warni dalam beberapa penampilan pertama. Setelah ilustrasi manga berwarna dari rinnegan dirilis, ini diperbaiki. Namun, saat rinnegan digambarkan sebagai warna tunggal ungu di manga, cincin paling tengah digambarkan sebagai gelap ungu di anime.
    • Setelah Deidara dan Sasori membawa Gaara ke tempat persembunyian Akatsuki, Pain digambarkan dengan tomoe di Rinnegannya sekali,[31] ini dikoreksi di manga versi tankōbon.[32]
  • Dalam Naruto: Shippuden episode 203, siluet dari Petapa dari Enam Jalan ditampilkan. Di sini, Rinnegannya terbukti merah bukan warna biasa.
  • Rinnegan Sasuke telah terbukti berkali-kali digambar dengan kurang atau lebih dari enam tomoe:
    • Dalam manga debut tampaknya memiliki sembilan tomoe, seperti Rinne Sharingan.[33]
    • Ketika memvisualisasikan klon Madara, tidak ada tomoe pada rinnegannya.[34]
    • Pada sampul belakang Jin no Sho, rinnegan Sasuke digambarkan dengan tiga tomoe.
  • Sebelum Rinnegan Sasuke diilustrasi warna oleh Masashi Kishimoto, pada Naruto: Edisi Berwarna digambarkan menjadi merah. Ini dikoreksi dalam bab-bab berikutnya.

Catatan Edit

  1. Dalam buku data keempat, Hagoromo hanya diklasifikasikan sebagai pengguna kekkei Mōra, menunjukkan Rinnegannya bukan kekkei genkai

Referensi Edit

  1. 1,0 1,1 Buku Data Ketiga, halaman 313
  2. Bab 375, halaman 17
  3. Bab 373, halaman 2
  4. Bab 425, halaman 9
  5. Bab 462, halaman 11
  6. Bab 671, Halaman 6
  7. Bab 681, halaman 10-15
  8. Bab 681, halaman 13-14
  9. Bab 560, halaman 14-15
  10. Bab 659, halaman 7
  11. Boruto: Naruto Movie
  12. Bab 673, halaman 15-16
  13. Bab 700+8, halaman 17
  14. Bab 700+8, halaman 17
  15. Bab 606, halaman 13-15
  16. Bab 509, halaman 4
  17. 17,0 17,1 Bab 675, halaman 4
  18. Bab 658, halaman 17
  19. Bab 672, halaman 1
  20. Bab 433, halaman 13
  21. Bab 375, halaman 11
  22. Buku Data Keempat, halaman 255
  23. Bab 467, halaman 11
  24. 24,0 24,1 Bab 449, halaman 1
  25. Bab 606, halaman 12-14
  26. Bab 569, halaman 10
  27. Bab 691
  28. Bab 674, halaman 6
  29. Bab 685, halaman 17
  30. Boruto: Naruto Movie
  31. Bab 254, halaman 15
  32. Volume 29
  33. Bab 673, halaman 17
  34. Bab 674, halaman 10

Also on Fandom

Random Wiki