Wikia

Naruto Wiki

Sasuke Uchiha

Comments2
433pages on
this wiki
Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang anggota Klan Uchiha. Jika anda mencari artikel tentang anggota Klan Sarutobi anda harus lihat Sasuke Sarutobi.
.
Sasuke Uchiha[1][2][3][4]

Sasuke.jpeg

Sasuke headshot.png

Adult Sasuke.png

(うちはサスケ, Uchiha Sasuke)
Anak Dalam Ramalan (予言の子, Yogen no Ko)[4]
Penampilan Pertama
Manga:
Anime:
Film:
Permainan:
Animasi Video Original:
Tampil di:
Anime, Manga, Permainan, dan Film
Pengisi Suara
Jepang:
Inggris:
Indonesia:
Pribadi
Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Usia:
Bagian I: 12-13
Bagian II: 15-17
Tinggi:
Bagian I: 150.8 cm-153.2 cm
Bagian II: 168 cm
Berat:
Bagian I: 42.2 kg-43.5 kg
Bagian II: 52.2 kg
Golongan Darah:
AB
Klarifikasi:
Afiliasi:
Tim:
Klan:
Kekkei Genkai:
Tingkatan
Jenis Elemen
Keluarga
Fugaku Uchiha (Ayah)
Mikoto Uchiha (Ibu)
Itachi Uchiha(Kakak)
Sarada Uchiha (Putri) (Hanya di Manga)
Sakura Haruno (Istri)

Sasuke Uchiha (うちはサスケ, Uchiha Sasuke) adalah salah satu anggota terakhir yang masih hidup dari klan Uchiha di Konohagakure dan reinkarnasi saat ini dari Indra. Ia menjadi shinobi sehingga ia kelak bisa tumbuh cukup kuat untuk membalas dendam terhadap kakaknya, Itachi, yang membantai seluruh klan mereka. Awalnya anggota dari Konoha Tim 7, Sasuke kemudian membelot dari desa untuk memperoleh kekuatan dari Orochimaru, dan kemudian juga bergabung dengan Akatsuki, menjadi pidana internasional dalam proses tersebut. Dia kemudian membuktikan berperan dalam mengakhiri Perang Dunia Shinobi Keempat untuk mencapai tujuannya sendiri yaitu revolusi, tetapi akhirnya dikalahkan dan ditebus sekali lagi oleh sahabatnya, Naruto Uzumaki. Dia kemudian secara resmi dibebaskan dari kejahatannya karena keterlibatannya dalam menghalau Tsukuyomi Tak Terbatas. Bertahu-tahun setelah Perang Shinobi Keempat, ia membentuk keluarga sendiri dengan Sakura Haruno.

Latar Belakang Edit

Infant Sasuke.png

Sasuke saat masih bayi.

Sasuke adalah anak kedua sekaligus anak terakhir dari kapten Angkatan Kepolisian Militer Konoha dan pemimpin klan Uchiha: Fugaku Uchiha, dan istrinya Mikoto Uchiha. Mikoto menamainya sama dengan ayah dari Hokage Ketiga dengan harapan bahwa dia akan tumbuh menjadi ninja yang hebat seperti pemilik nama aslinya.[5] Sebagai anak-anak, Sasuke tumbuh di dalam bayang-bayang kakaknya, Itachi Uchiha yang diakui oleh klan Uchiha sebagai jenius, dan bekerja mempererat hubungan antara desa dan klan. Ayah Sasuke memiliki ketertarikan khusus pada Itachi. Itachi, di sisi lain, lebih berperasaan dan penuh dengan arus perselisihan yang aneh, mengakui Sasuke dengan mengambil ketertarikan dalam pekerjaannya sebagai ninja dan menghabiskan waktu bermain bersamanya ketika ayah mereka tak melakukannya. Bahkan setelah Sasuke masuk Akademi, dia masih tidak bisa menghindar dari bayang-bayang Itachi.[6] Meski telah konsisten mendapat nilai tertinggi di kelasnya, Sasuke gagal menerima pengakuan dari ayahnya, yang menegaskan bahwa keberhasilan Sasuke hanya ucapan dari kakaknya.[7] Itachi mengakui niat bersaing Sasuke dengan mengatakan: "Kita ini bersaudara. Aku adalah dinding yang harus kau runtuhkan, agar kau dan aku dapat bertahan bersama." Meskipun demikian Itachi sangat peduli terhadap adiknya dan Sasuke memperhatikan Itachi, mencoba untuk melebihinya.

Itachi and Sasuke young.png

Sasuke dan Itachi ketika masih muda.

Ketika Sasuke berusia 7, hubungan antara Itachi dan ayahnya memburuk setelah Itachi ditanyai oleh anggota lain dari klan Uchiha mengenai bunuh diri sahabatnya, Shisui. Perilaku Itachi menjadi semakin aneh, ayah Sasuke mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan Sasuke, dan mulai mengajarinya Teknik Bola Api Besar, teknik keluarga yang umum terlihat sebagai tanda kematangan usia di klan Uchiha.[8] Ketika Sasuke pertama kali mencoba untuk melakukan teknik ini, ia hanya menghasilkan api kecil dan setelah itu, beberapa asap. Ayahnya mengatakan bahwa Itachi bisa melakukannya pada percobaan pertamanya pada umur Sasuke, dan kecewa padanya. Kemudian, dengan satu minggu pelatihan, Sasuke melakukan teknik di depan ayahnya, membuktikan dirinya juga benar-benar ajaib dan akhirnya menerima pengakuan individual ayahnya setelah Itachi. Ayah Sasuke mengatakan kepadanya bahwa dia kini bisa dengan bangga mengenakan lambang klan di punggungnya. Setelah ini, Sasuke juga menerima peringatan keras untuk tidak mengikuti jejak Itachi lebih jauh, mengejutkan dia karena sebelumnya, ia diperintahkan untuk menjadi seperti kakaknya; dan ayahnya menunjukkan ia bangga pada Sasuke untuk pertama kalinya dengan cara yang sama seperti yang ia digunakan untuk Itachi.

Pada beberapa titik di masa lalu, Sasuke dan Itachi bergabung pada misi untuk menangkap babi hutan. Sasuke memegang busur dan diberitahu oleh Itachi tidak menembak poin penting. Namun, Sasuke gagal dan membuat babi mengamuk. Akhirnya mereka mengalahkan babi hutan dan Sasuke meminta maaf atas buruknya kelakuannya, Itachi menanggapi dengan mengatakan kepadanya bahwa ia harus berlatih lagi.[9]

Pada suatu malam yang naas, Itachi membunuh setiap anggota klan Uchiha, dan hanya menyisakan Sasuke, lalu mengatakan bahwa ia bahkan tidak layak untuk dibunuh. Selain itu, Itachi mengatakan kepadanya, "Kau akan selalu ingin melampaui aku. Itu sebabnya aku akan membiarkan engkau hidup... jika Kau ingin membunuhku, kemudian membenciku, bencilah aku ... dan dengan segala cara larilah, kehidupan yang buruk akan selalu bersamamu." Itachi juga mengungkapkan Sasuke dimana tempat pertemuan rahasia Uchiha disembunyikan, dan menyarankan Sasuke pergi ke sana untuk mempelajari apa sejarah dan tujuan sebenarnya dari Sharingan itu. Dia mengatakan kepadanya bahwa " untuk membangkitkan Mangekyo Sharingan, " dia " harus membunuh orang yang paling dekat dengannya", dan bahwa "ketika kita bertarung, kita harus memiliki mata yang sama". Sasuke mengira dia pingsan setelah ini, tapi kemudian teringat bahwa ia telah berhasil berdiri kembali, membangunkan Sharingan, dan mengejar Itachi. Setelah mencapai Itachi, ia menggunakan pisau untuk memotong pelindung dahinya. Itachi terlihat menumpahkan air mata saat ia mengambil pelindung dahi. Dia kemudian melanjutkan untuk melumpuhkan Sasuke, yang lalu terbangun di rumah sakit mengingat hanya itu yang ingin dia tahu tentang Itachi.

Young sasuke and Naruto.png

Naruto dan Sasuke bersaing di Akademi.

Ketika Sasuke pertama kali bertemu Naruto Uzumaki di Akademi, mereka ditunjuk untuk bertarung terhadap satu sama lain. Naruto senang pada kesempatan untuk mengalahkan Sasuke dan menjadi populer seperti dia, tapi ia mudah dikalahkan. Dengan melihat ke dalam mata Sasuke, Naruto menyadari bahwa dia begitu penuh dengan kebencian yang tampaknya seolah-olah dia bahkan tidak melihat Naruto. Ketika Iruka mengatakan kepada mereka untuk membuat segel rekonsiliasi, mereka berdua menolak.[10] Sampai lulus dari Akademi, Sasuke tetap penyendiri dan tidak pernah mengakui upaya Naruto untuk mengalahkan dia, mengingat dia putus asa dan dengan demikian, seseorang seperti itu tidak layak hanya membuang waktu atau energi.

TriviaEdit

  • Dalam versi Bahasa Indonesia pengisi suara Sasuke dan Kakashi adalah sama.[11]

ReferensiEdit

  1. Buku Data pertama, halaman 38-43
  2. Buku Data kedua, halaman 44-51
  3. Buku Data ketiga, halaman 40-47
  4. 4,0 4,1 Buku Data keempat, halaman 48-55
  5. Naruto bab 500, halaman 11
  6. Naruto bab 221, halaman 6
  7. Naruto bab 221, halaman 13
  8. Naruto bab 223, halaman 10
  9. Naruto bab 580, halaman 9-12, 17
  10. Naruto bab 538, halaman 10-15
  11. Narutolovindo, diakses tanggal 26 Oktober 2014.

Narutos promise.png Artikel Pilihan

Artikel ini adalah/pernah menjadi artikel pilihan, jika anda punya saran artikel pilihan lainnya silakan klik di sini.

Around Wikia's network

Random Wiki