Wikia

Narutopedia Indonesia

Sasuke Uchiha

Comments21
709pages on
this wiki
Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang anggota Klan Uchiha. Jika anda mencari artikel tentang anggota Klan Sarutobi anda harus lihat Sasuke Sarutobi.
.
Sasuke Uchiha[1][2][3][4]

Sasuke.jpeg

Sasuke headshot.png

Adult Sasuke.png

(うちはサスケ, Uchiha Sasuke)
Anak Dalam Ramalan (予言の子, Yogen no Ko)[4]
Penampilan Pertama
Manga:
Anime:
Film:
Permainan:
Animasi Video Original:
Tampil di:
Anime, Manga, Permainan, dan Film
Pengisi Suara
Jepang:
Inggris:
Indonesia:
Pribadi
Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Usia:
Bagian I: 12-13
Bagian II: 15-17
Tinggi:
Bagian I: 150.8 cm-153.2 cm
Bagian II: 168 cm
Berat:
Bagian I: 42.2 kg-43.5 kg
Bagian II: 52.2 kg
Golongan Darah:
AB
Klarifikasi:
Afiliasi:
Tim:
Klan:
Kekkei Genkai:
Tingkatan
Jenis Elemen
Keluarga
Fugaku Uchiha (Ayah)
Mikoto Uchiha (Ibu)
Itachi Uchiha(Kakak)
Sarada Uchiha (Putri) (Hanya di Manga)
Sakura Haruno (Istri)

Sasuke Uchiha (うちはサスケ, Uchiha Sasuke) adalah salah satu anggota yang masih hidup dan terakhir dari klan Uchiha di Konohagakure. Ia menjadi shinobi sehingga ia kelak bisa tumbuh cukup kuat untuk membalas dendam terhadap kakaknya, Itachi, yang membantai seluruh klan mereka, dan membalas nama klan mereka. Awalnya ia anggota dari Tim 7 Konoha, namun Sasuke membelot dari desa untuk memperoleh tenaga dari Orochimaru, dan kemudian juga bergabung Akatsuki dengan tujuan menghancurkan desanya, menjadi pidana internasional dalam proses tersebut. Dia kemudian terbukti berperan dalam mengakhiri Perang Dunia Shinobi Keempat untuk mencapai tujuan utamanya revolusi, namun akhirnya dikonversi oleh rekan dan temannya Naruto Uzumaki, akhirnya dia berkeliling dunia untuk mencapai penebusan atas dosa-dosanya.

Latar Belakang Edit

Infant Sasuke.png

Sasuke saat masih bayi.

Sasuke adalah anak kedua sekaligus anak terakhir dari kapten Angkatan Kepolisian Militer Konoha dan pemimpin klan Uchiha: Fugaku Uchiha, dan istrinya Mikoto Uchiha. Mikoto menamainya sama dengan ayah dari Hokage Ketiga dengan harapan bahwa dia akan tumbuh menjadi ninja yang hebat seperti pemilik nama aslinya.[5] Sebagai anak-anak, Sasuke tumbuh di dalam bayang-bayang kakaknya, Itachi Uchiha yang diakui oleh klan Uchiha sebagai jenius, dan bekerja mempererat hubungan antara desa dan klan. Ayah Sasuke memiliki ketertarikan khusus pada Itachi. Itachi, di sisi lain, lebih berperasaan dan penuh dengan arus perselisihan yang aneh, mengakui Sasuke dengan mengambil ketertarikan dalam pekerjaannya sebagai ninja dan menghabiskan waktu bermain bersamanya ketika ayah mereka tak melakukannya. Bahkan setelah Sasuke masuk Akademi, dia masih tidak bisa menghindar dari bayang-bayang Itachi.[6] Meski telah konsisten mendapat nilai tertinggi di kelasnya, Sasuke gagal menerima pengakuan dari ayahnya, yang menegaskan bahwa keberhasilan Sasuke hanya ucapan dari kakaknya.[7] Itachi mengakui niat bersaing Sasuke dengan mengatakan: "Kita ini bersaudara. Aku adalah dinding yang harus kau runtuhkan, agar kau dan aku dapat bertahan bersama." Meskipun demikian Itachi sangat peduli terhadap adiknya dan Sasuke memperhatikan Itachi, mencoba untuk melebihinya.

Itachi and Sasuke young.png

Sasuke dan Itachi ketika masih muda.

Ketika Sasuke berusia 7, hubungan antara Itachi dan ayahnya memburuk setelah Itachi ditanyai oleh anggota lain dari klan Uchiha mengenai bunuh diri sahabatnya, Shisui. Perilaku Itachi menjadi semakin aneh, ayah Sasuke mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan Sasuke, dan mulai mengajarinya Teknik Bola Api Besar, teknik keluarga yang umum terlihat sebagai tanda kematangan usia di klan Uchiha.[8] Ketika Sasuke pertama kali mencoba untuk melakukan teknik ini, ia hanya menghasilkan api kecil dan setelah itu, beberapa asap. Ayahnya mengatakan bahwa Itachi bisa melakukannya pada percobaan pertamanya pada umur Sasuke, dan kecewa padanya. Kemudian, dengan satu minggu pelatihan, Sasuke melakukan teknik di depan ayahnya, membuktikan dirinya juga benar-benar ajaib dan akhirnya menerima pengakuan individual ayahnya setelah Itachi. Ayah Sasuke mengatakan kepadanya bahwa dia kini bisa dengan bangga mengenakan lambang klan di punggungnya. Setelah ini, Sasuke juga menerima peringatan keras untuk tidak mengikuti jejak Itachi lebih jauh, mengejutkan dia karena sebelumnya, ia diperintahkan untuk menjadi seperti kakaknya; dan ayahnya menunjukkan ia bangga pada Sasuke untuk pertama kalinya dengan cara yang sama seperti yang ia digunakan untuk Itachi.

Pada beberapa titik di masa lalu, Sasuke dan Itachi bergabung pada misi untuk menangkap babi hutan. Sasuke memegang busur dan diberitahu oleh Itachi tidak menembak poin penting. Namun, Sasuke gagal dan membuat babi mengamuk. Akhirnya mereka mengalahkan babi hutan dan Sasuke meminta maaf atas buruknya kelakuannya, Itachi menanggapi dengan mengatakan kepadanya bahwa ia harus berlatih lagi.[9]

Pada suatu malam yang naas, Itachi membunuh setiap anggota klan Uchiha, dan hanya menyisakan Sasuke, lalu mengatakan bahwa ia bahkan tidak layak untuk dibunuh. Selain itu, Itachi mengatakan kepadanya, "Kau akan selalu ingin melampaui aku. Itu sebabnya aku akan membiarkan engkau hidup... jika Kau ingin membunuhku, kemudian membenciku, bencilah aku ... dan dengan segala cara larilah, kehidupan yang buruk akan selalu bersamamu." Itachi juga mengungkapkan Sasuke dimana tempat pertemuan rahasia Uchiha disembunyikan, dan menyarankan Sasuke pergi ke sana untuk mempelajari apa sejarah dan tujuan sebenarnya dari Sharingan itu. Dia mengatakan kepadanya bahwa " untuk membangkitkan Mangekyo Sharingan, " dia " harus membunuh orang yang paling dekat dengannya", dan bahwa "ketika kita bertarung, kita harus memiliki mata yang sama". Sasuke mengira dia pingsan setelah ini, tapi kemudian teringat bahwa ia telah berhasil berdiri kembali, membangunkan Sharingan, dan mengejar Itachi. Setelah mencapai Itachi, ia menggunakan pisau untuk memotong pelindung dahinya. Itachi terlihat menumpahkan air mata saat ia mengambil pelindung dahi. Dia kemudian melanjutkan untuk melumpuhkan Sasuke, yang lalu terbangun di rumah sakit mengingat hanya itu yang ingin dia tahu tentang Itachi.

Young sasuke and Naruto.png

Naruto dan Sasuke bersaing di Akademi.

Ketika Sasuke pertama kali bertemu Naruto Uzumaki di Akademi, mereka ditunjuk untuk bertarung terhadap satu sama lain. Naruto senang pada kesempatan untuk mengalahkan Sasuke dan menjadi populer seperti dia, tapi ia mudah dikalahkan. Dengan melihat ke dalam mata Sasuke, Naruto menyadari bahwa dia begitu penuh dengan kebencian yang tampaknya seolah-olah dia bahkan tidak melihat Naruto. Ketika Iruka mengatakan kepada mereka untuk membuat segel rekonsiliasi, mereka berdua menolak.[10] Sampai lulus dari Akademi, Sasuke tetap penyendiri dan tidak pernah mengakui upaya Naruto untuk mengalahkan dia, mengingat dia putus asa dan dengan demikian, seseorang seperti itu tidak layak hanya membuang waktu atau energi.

Kepribadian Edit

Sasuke child.png

Disposisi menyenangkan Sasuke saat masih seorang anak.

Sebagai seorang anak, Sasuke sangat baik dan penuh kasih terhadap keluarga dan hormat kepada klan dan guru. Dia sangat bangga menjadi anak Fugaku dan adik Itachi dan memiliki keinginan yang kuat untuk meniru mereka, menginginkan persetujuan ayahnya dan pengakuan.[11] Ini berubah setelah Klan Uchiha dimusnahkan, mengubah Sasuke menjadi seorang pemuda dingin, sinis dan sombong, menjadi penuntut gelar pribadi yang didedikasikan untuk membunuh Itachi dan memulihkan klan Uchiha.[12]

Selama waktunya di Akademi, Sasuke penyendiri, menghabiskan lebih banyak waktu sendirian mengasah keterampilan daripada bersosialisasi dengan siswa lain, mengabaikan banyak gadis yang tertarik padanya lebih memilih kesendirian. Ketika pertama kali diperkenalkan ke Tim Kakashi, Sasuke ditampilkan dengan ketidakpedulian besar terhadap orang lain, merasa keterampilan atasannya menempatkan dia begitu jauh di atas rekan satu timnya bahwa mereka lebih dari penghalang baginya dan kemajuan sendiri. Meskipun demikian, setelah bekerja sama dengan Tim Kakashi, Sasuke telah tumbuh melekat pada tim dan berpikir mereka sebagai sedikit dari keluarga, bersedia untuk mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan orang-orang yang dekat dengannya pada beberapa kesempatan. Sasuke juga memiliki sifat kompetitif, pada waktu menerima tantangan Naruto jika hanya untuk menunjukkan bahwa ia adalah superior dari keduanya. Menurut Kakashi, Sasuke telah baik superioritas dan inferioritasnya kompleks, karena ia tidak bersedia mengakui ketika seseorang lebih kuat dari dia, tapi terobsesi ketika ia percaya bahwa mereka demikian. Sasuke meremehkan persaingan ke arah Naruto ketika ia yakin ia adalah baik, hanya terobsesi pertumbuhan yang cepat Naruto setelah yang terakhir mengalahkan Gaara. Setelah jangka pendek dengan Itachi, yang mengalahkan Sasuke tanpa banyak usaha, ia menyimpulkan bahwa waktunya di Konoha, dikelilingi oleh teman-temannya telah membuatnya lemah dan Orochimaru serta Segel Terkutuk dari Surganya akan memberikan dia kekuatan untuk membalas dendam. Terlepas dari itu, Sasuke tidak akan tenggelam ke tingkat ia percaya kemauan Itachi dan membunuh teman terdekatnya, memutuskan untuk tidak membunuh Naruto untuk mendapatkan Mangekyō Sharingan dan bukannya memilih untuk mencapai kekuasaannya dengan caranya sendiri.

Setelah pelatihan di bawah Orochimaru di Otogakure untuk dua-dan-setengah tahun, Sasuke telah menjadi individu yang dingin dan penuh perhitungan, benar-benar berdedikasi dalam satu keinginan untuk membunuh Itachi bahwa hidupnya sendiri tidak masalah baginya. Dengan memutus hubungan dia diyakini terikat padanya, Sasuke tampaknya bersedia untuk membunuh Naruto hanya untuk membuktikan suatu titik pada berapa banyak ia telah berubah. Karena kemampuan barunya, dia tetap kebiasaannya meremehkan lawan-lawannya, bergegas ke pertempuran tanpa pemahaman yang jelas tentang kemampuan mereka dan menderita untuk itu, meskipun ia akan mengakui kesalahannya pada kesempatan lain. Sasuke juga telah mengembangkan rasa yang kuat kebanggaan dalam klan; sebagai bukti dengan penghinaan bagi non-Uchiha untuk memegang Sharingan.[13] Meskipun demikian, Sasuke tidak di atas membuat ikatan dengan orang-orang di sekelilingnya, membentuk tim baru yang ia melihat mirip dengan tim Kakashi dan melakukan segala daya untuk melindungi mereka.

Sasukee.png

Kebencian Sasuke menguasai dirinya saat ia dengan kejam mengorbankan Karin.

Menurut Obito, Sasuke saja sudah memikul seluruh kebencian klan Uchiha-idealisme yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam klan. Setelah mempelajari kebenaran tentang tindakan Itachi dan Pembantaian Klan Uchiha, meskipun fakta bahwa tindakan Uchiha akan mengakibatkan bencana bagi seluruh dunia, termasuk klan itu sendiri, Sasuke bersumpah membalas dendam terhadap seluruh desa Konoha untuk memberikan perintah seperti itu untuk Itachi, yang ingin menghapus desa dan memurnikan nama Uchiha. Pada awalnya, Sasuke setidaknya mau membunuh orang-orang yang tidak terkait dengan plot balas dendam, tapi seiring waktu saat kebenciannya meningkat, keyakinan tersebut dijatuhkan, menjadi kejam dan bengis.[14] Dalam rasa haus untuk membalas dendam, Sasuke menempatkan dirinya jauh di atas siapa pun atau apa pun di sekelilingnya, rela bekerja sama dengan Tobi, yang diketahuinya membantu Itachi menghapus klan, untuk membantu dia dalam menghancurkan Konoha, meninggalkan timnya ketika mereka tidak lagi digunakan untuk dia dan mengorbankan Karin untuk membunuh Danzō, meskipun dia menyembuhkan dia di sebagian besar misi mereka.[15] Setelah bertemu dengan Naruto waktu terakhir sebelum Perang Dunia Shinobi Keempat, Sasuke bersumpah ia akan membunuh Naruto dalam usahanya untuk membalas dendam, menyebabkan dia untuk mengambil mata Itachi untuk membangkitkan Eternal Mangekyō Sharingan.

Selama perang, Sasuke bertemu dengan reinkarnasi Itachi dan keduanya bekerja sama untuk mengalahkan Kabuto Yakushi untuk melepaskan Reinkarnasi. Selama percakapan mereka, Sasuke dihadapkan Itachi atas keputusannya.[16] Ketika Itachi memberikan Sasuke kata-kata perpisahan, Sasuke mulai mempertanyakan apa itu menjadi shinobi dan mengapa Itachi akan memilih untuk kehilangan segalanya untuk desa dan saudaranya. Membangkitkan Orochimaru dan menyuruh dia melepaskan dan menjelmakan Hokage sebelumnya sehingga ia bisa mendengarkan kisah-kisah mereka, dan Sasuke menerima tindakan Itachi dan memutuskan untuk melindungi Konoha, tapi dia akan melakukannya dengan caranya sendiri. Percaya bahwa Hokage sebelumnya, dan saat ini lima Kage bertanggung jawab atas dunia dan masalah, ia bersumpah ia akan menjadi Hokage dan mengubahnya, tampaknya melanggar bebas dari Kutukan Kebencian klannya. Sementara niat ini adalah mulia, beberapa yang kurang antusias baginya untuk bergabung kembali perjuangan mereka, tidak percaya motifnya; Sakura dan Sai di antara mereka. Terlepas dari itu, Sasuke bertarung dengan tujuan tunggal mengalahkan Obito, Madara dan Ekor-Sepuluh, meskipun alasannya adalah untuk menghapus batu tulis untuk dunia baru dan bahwa ia hanya melindungi Naruto sehingga hanya dia bisa mengalahkan dia nanti.[17][18] Sasuke adalah salah satu dari beberapa shinobi untuk tidak pernah kehilangan tekadnya dalam pertempuran melawan Ekor-Sepuluh, bahkan menghukum Naruto untuk melakukannya. Apapun, pengabdian karakteristik Sasuke ke tujuannya tetap tidak berubah, karena ia lebih dari bersedia untuk meninggalkan Kakashi dan Sakura selama peristiwa dari Tsukuyomi Tak Terbatas, hanya menyimpannya dengan Susanoo karena mereka kebetulan dengan Naruto pada saat itu. Dia tidak di atas berterima kasih kepada orang lain untuk membantunya. Namun, saat ia mengucapkan terima kasih Sakura dan Obito ketika mereka menyelamatkan dia dari salah satu dimensi Kaguya.

Sasuke's true ambition.png

Tekad Sasuke untuk menciptakan Dunia Shinobi dengan caranya sendiri.

Setelah mengalahkan Kaguya, ketidakpercayaan Sakura dan Sai pada Sasuke dikonfirmasi, kerjasama Sasuke dengan Pasukan Aliansi Shinobi hanyalah sarana untuk mencapai tujuan; menghapus orang sebanyak mungkin yang bisa menghalangi rencana sendiri terkemuka dunia melalui revolusi untuk membunuh dengan sistem shinobi saat ini, termasuk membunuh semua Kage dan monster berekor yang ada saat ini. Setelah datang untuk berdamai dengan dan menerima upaya Itachi melindungi desa sementara dicap sebagai penjahat, Sasuke telah datang untuk percaya bahwa untuk menyatukan dunia, satu orang harus rela menanggung kebencian dari sekelilingnya dan berdiri terpisah dari sisa dari dunia, melihat sebagai definisi yang benar menjadi "Hokage". Untuk melakukannya, ia bermaksud untuk menyalakan api kebencian di setiap desa dan fokus pada dia, menjadi penjahat yang semua orang benci. Juga, tegas percaya dalam memulai lagi dalam segala aspek, keinginan Sasuke untuk memutuskan semua ikatan masa lalu dan sekarang, bahkan membunuh Naruto, yang Sasuke telah akui sebagai teman terdekat yang pernah ada.[19] Tumbuh arogan karena kekuasaan yang diperoleh, Sasuke datang untuk percaya bahwa dia mungkin yang terkuat yang hidup dan kuasa-nya pada akhirnya akan memberinya keabadian untuk melanjutkan cita-citanya untuk selamanya.

Sasuke talks to Sakura.png

Sasuke mengetuk sayang Sakura, mirip dengan apa yang saudaranya Itachi lakukan padanya di masa lalu.

Namun, setelah pertempuran terakhirnya dengan Naruto di Lembah Akhir, Sasuke terkejut dengan begitu jauh Naruto akan pergi untuk dia. Dia mengungkapkan ia selalu cemburu pada Naruto untuk fakta bahwa meskipun mereka menjadi sangat mirip, Naruto ternyata kesepian ia merasa menjadi kekuatan dengan membuat ikatan dengan orang lain. Sasuke, bagaimanapun, mendorong ikatan mereka pergi, berpikir mereka untuk menjadi kelemahan, dan terfokus pada pelatihan sebagai gantinya. Dalam proses ini, Sasuke menemukan dirinya selalu mengikuti di belakang Naruto seperti yang dia lakukan dengan kakaknya Itachi.[20] Pindah ke air mata dengan penentuan temannya, Sasuke mengakui kekalahan dan mengakui persahabatan Naruto, akhirnya mengatasi Kutukan Kebenciannya.[21] Dia menunjukkan penyesalan besar atas tindakannya dan pergi jauh untuk meminta maaf kepada Sakura untuk semua yang ia telah lakukan padanya. Dia bahkan menunjukkan kasih sayang yang tulus terhadap dirinya sebelum ia pergi untuk menjelajahi dunia untuk mencari penebusan bagi dirinya sendiri. Rasa sayang dengan Sakura kemudian menyebabkan keduanya menikah dan memiliki seorang putri bernama Sarada. Terlepas dari kenyataan bahwa ia tampaknya berada jauh dari keluarga barunya cukup sering, Sasuke masih tampaknya memiliki hubungan yang kuat dengan mereka dalam beberapa cara, terasa bereaksi ketika Sakura dan Sarada berbicara tentang dia dari jauh.

TriviaEdit

  • Dalam versi Bahasa Indonesia pengisi suara Sasuke dan Kakashi adalah sama.[22]

ReferensiEdit

  1. Buku Data pertama, halaman 38-43
  2. Buku Data kedua, halaman 44-51
  3. Buku Data ketiga, halaman 40-47
  4. 4,0 4,1 Buku Data keempat, halaman 48-55
  5. Naruto bab 500, halaman 11
  6. Naruto bab 221, halaman 6
  7. Naruto bab 221, halaman 13
  8. Naruto bab 223, halaman 10
  9. Naruto bab 580, halaman 9-12, 17
  10. Naruto bab 538, halaman 10-15
  11. Naruto Bab 220, halaman 20
  12. Naruto bab 225, halaman 21
  13. Naruto Bab 484, halaman 2-3
  14. Naruto bab 343, halaman 2-5
  15. Naruto bab 480, halaman 13-16
  16. Naruto bab 576
  17. Naruto bab 639, halaman 14 sampai 17
  18. Naruto bab 644, halaman 10
  19. Naruto Bab 694, halaman 15
  20. Naruto Bab 698, halaman 17
  21. Naruto Bab 698, halaman 21
  22. Narutolovindo, diakses tanggal 26 Oktober 2014.

Narutos promise.png Artikel Pilihan

Artikel ini adalah/pernah menjadi artikel pilihan, jika anda punya saran artikel pilihan lainnya silakan klik di sini.

Around Wikia's network

Random Wiki