Fandom

Narutopedia Indonesia

Segel 8 Trigam

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Segel 8 Trigram[1]
Four Symbols Seal.svg
Nama
Kanji 八卦の封印式
Rōmaji Hakke no Fūin Shiki
TV Bahasa Inggris Eight Sign Seal
Harfiah Segel 8 Trigram
Lain Eight Trigram Divination Seal Spell Formula[2]
Debut
Manga Volume #1, Bab #1
Anime Naruto Episode #1
Film Road to Ninja: Naruto the Movie
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm 3
Penampilan Anime, Manga, Permainan, dan Film
Informasi
Klasifikasi Fūinjutsu
Kelas Tambahan
Jangkauan Jarak Dekat
Jutsu Induk
Segel 4 Simbol
Jutsu Turunan
Segel Torii
Pengguna
Kushina Uzumaki

Minato Namikaze
Orochimaru (Hanya di Anime)

Segel 8 Trigam merupakan sebuah fūinjutsu yang diciptakan oleh klan Uzumaki dan terdiri dari dua Segel 4 Simbol.

Penggunaan Edit

Teknik ini digunakan oleh Minato Namikaze untuk menolong Uzumaki Naruto agar bisa mengakses chakra Ekor Sembilan yang disegel dalam dirinya. Untuk menggunakan teknik ini, pengguna harus terlebih dahulu melakukan pemanggilan tanda dan menempatkan target di atasnya.[3] Segel ini tidak otomatis terlihat di perut Naruto, tetapi akan menjadi jelas setiap kali dirinya menggunakan chakra kyuubi.[4]

Pada anime, teknik penyegelan ini secara khusus dilakukan untuk memaksa binatang berekor membantu jinchūrikinya. Dengan memberikan chakra pada jinchūrikinya, secara perlahan segel akan melemah, sehingga akan memberikan kesempatan bagi binatang berekor itu untuk bebas. Hal ini merupakan risiko yang harus di ambil oleh para jinchūriki, karena mereka harus belajar dan menjadi cukup kuat untuk menaklukkan binatang berekor dan mendapatkan segel terkuatnya.[5]

Pengaruh Edit

Sepanjang sebagian besar dari seri, setiap kali Naruto dan Ekor Sembilan berbincang, dirinya selalu berada di alam bawah sadar, yang digambarkan dengan sebuah ruang bawah tanah seperti pabrik industri, dengan pipa di sepanjang langit-langit dan lantai, dan tempat itu dibanjiri oleh air. Di gerbang pintu masuk kurungan Ekor Sembilan, terdapat sehelai kertas yang bertuliskan "segel" (封), yang membuat binatang itu selalu terkunci di dalam.[6][7] Dengan segel ini juga Minato menyegel dirinya dan Kushina dengan sisa chakra ke dalam tubuh Naruto. Minato selalu muncul di alam bawah sadar Naruto ketika dirinya berubah menjadi wujud ekor delapan,[8] dan memulihkan segel dengan kekuatan aslinya, tetapi dia hanya bisa melakukannya sekali.[9] Kushina juga muncul dan membantu Naruto ketika dia bertarung berjuang bersama Ekor Sembilan untuk mengontrol chakra.[10]

Segel itu sendiri nantinya akan berevolusi selama Naruto dan Ekor Sembilan berjuang bersama. Dia akan mampu mengurung kyuubi dengan mudah setelah dipisahkan dari chakra dan bergabung dengan dirinya sendiri. Gerbang segel baru memiliki kunci yang sama dengan yang sebelumnya.[11][12]

Kunci Edit

Karena mengetahui segel itu sendiri secara alami akan melemah dari waktu ke waktu, Minato menciptakan kunci sebelum kematiannya, yang diyakini dapat memperkuat atau menghilangkan segel. Dia meninggalkan kunci di gulungan dalam bagian perut katak Gerotora dan mengirimkannya ke Jiraiya untuk diamankan, dengan maksud untuk memberikannya kepada Naruto pada saat dia akan membutuhkan kekuatan Ekor Sembilan untuk melawan Tobi.[13][14][15]

 Trivia Edit

  • Pada anime, Orochimaru menciptakan Mecha-Naruto dengan teknik penyegelan untuk mengambil Kurama dari Naruto.[16]
  • Menurut Killer B, segel ini lebih tinggi dari segi kualitas dibandingkan dengan Segel Besi.[17]

Referensi Edit

  1. Databook Pertama, halaman 216
  2. Permainan Koleksi Kartu Naruto
  3. Bab 504, halaman 7
  4. Bab 49, halaman 7
  5. Naruto: Shippūden episode 327
  6. Bab 95, halaman 13-15
  7. Bab 496, halaman 11
  8. Bab 439, halaman 17
  9. Bab 440, halaman 15
  10. Bab 498, halaman 8
  11. Bab 497, halaman 2-3
  12. Bab 499, halaman 13-15
  13. Bab 504, halaman 9
  14. Bab 370, halaman 7-10
  15. Bab 489, halaman 14
  16. Naruto: Shippūden episode 376
  17. Bab 496, halaman 7

Also on Fandom

Random Wiki