Wikia

Naruto Wiki

Sharingan

Comments0
394pages on
this wiki
Sharingan
Sharingan Triple.svg
Nama
Kanji:
写輪眼
Rōmaji:
Sharingan
Harfiah:
Mata Roda Penyalin
Viz manga:
Mirror Wheel Eye
Penampilan Pertama
Manga:
Anime:
Animasi Video Original:
Tampil di:
Anime, Manga, Permainan dan Film
Data
Klan:
Pengguna Diketahui

Sharingan (写轮眼; Secara harfiah berarti "Mata roda penyalin", Berarti (Viz) "Mata roda cermin")adalah dōjutsu kekkei genkai, yang muncul dalam beberapa anggota klan Uchiha.[1] Sementara kekuatannya pertama kali digunakan Kaguya Ōtsutsuki, bentuk sejati pertama kali terjadi pada Indra, nenek moyang awal dari klan Uchiha, dan kemudian dianggap sebagai salah satu Tiga Besar Dojutsu (三大瞳术, San Daidōjutsu; Secara harfiah berarti "Tiga besar teknik mata"), bersama dengan Byakugan dan Rinnegan.[2] Sharingan juga disebut "Matanya Eye" (天眼, Tengan), karena banyak kemampuan turunan/pemberian bagi penggunanya.[3] Tobirama Senju mendefinisikannya sebagai "mata yang mencerminkan hati" (心を写す瞳, Kokoro o utsusu hitomi).[4]

Tahapan Edit

Sasuke's 2-1 Sharingan.png

Sasuke dengan tahap sharingan awal (kanan) dan kedua (kiri).

Kekuatan Sharingan, karena hubungannya dengan Kutukan Kebencian, merupakan sebuah berkah dan kutukan. Saat Uchiha mengetahui emosi yang kuat terhadap seseorang, seperti cinta dan persahabatan, kondisi stres atau emosional dibawa keluar dari kehilangan orang yang berharga menyebabkan otak untuk melepaskan bentuk khusus dari chakra yang mempengaruhi saraf optik sementara mengubah mata menjadi Sharingan.[5] Setelah aktivasi awal, Sharingan dapat digunakan secara bebas, meskipun ada kemungkinan untuk Uchiha kehilangan memori dari peristiwa semacam itu dan tidak mengaktifkannya sampai melalui kemauan pada waktu kemudian.[6][7] Ketika Sharingan pertama kali diaktifkan oleh pengguna, ia memiliki jumlah yang berbeda dari Templat:Bihongo sekitar pupil pusat, bervariasi antara setiap pengguna.[8][6]

Sasuke Sharingan.png

Sharingan penuh.

Pengguna dari Sharingan, melalui penggunaan terus menerus dan pelatihan, mengakibatkan perubahan bentuk yang lebih lanjut, yang melibatkan mata penuh hingga memiliki tiga tomoe. Saat Sharingan berkembang, keuntungan kemampuan pengguna meningkat melalui pandangan yang meningkat. Sebagai contoh, mereka setidaknya dapat menyalin gerakan tangan dengan satu tomoe, memprediksi pergerakan seseorang dan menyalin teknik dengan dua tomoe dan benar-benar menggunakan kemampuan Sharingan bila sepenuhnya matang. Dari beberapa karakter mereka mengungkapkan, dojutsu ini rupanya "bersinar" dalam gelap.[9][10] Sesuai dengan namanya, Sharingan dan bentuk turunan telah menunjukkan kemampuan untuk berputar.[11] Hal ini menunjukkan bahwa ketika seseorang membangunkan Mangekyo Sharingan mereka tanpa Sharingan matang, Sharingan mereka secara otomatis akan langsung sementara berkembang menjadi Mangekyo Sharingan.[12]

ReferensiEdit

  1. Naruto bab 12, halaman 7
  2. Databook Ketiga, halaman 313
  3. Databook Pertama, halaman 193
  4. Naruto bab 619, halaman 14
  5. Naruto bab 619, halaman 14-15
  6. 6,0 6,1 Naruto bab 403, halaman 11
  7. Naruto bab 27, halaman 4
  8. Naruto bab 242, halaman 18
  9. Naruto bab 507, halaman 12
  10. Naruto bab 602, halaman 1
  11. Naruto bab 456, halaman 8
  12. Naruto bab 605, halaman 4

Around Wikia's network

Random Wiki