Wikia

Naruto Wiki

Shisui Uchiha

Comments0
433pages on
this wiki
Shisui Uchiha
Shisui Uchiha.png
(うちはシスイ, Uchiha Shisui)
Shisui si Tubuh Berkedip (瞬身のシスイ, Shunshin no Shisui; TV Inggris "Shisui the Teleporter")[1]
Penampilan Pertama
Manga:
Anime:
Permainan:
Tampil di:
Anime, Manga dan Permainan
Pengisi Suara
Jepang:
Pribadi
Jenis Kelamin:
Status:
Mendiang
Tinggi:
Bagian II: 180 cm
Afiliasi:
Tim:
Tim Shisui (Hanya di Anime)
Klan:
Kekkei Genkai:
Tingkatan
Jenis Elemen
Nature Icon Fire.svg Elemen Api (Hanya di Anime)
Benda

Shisui Uchiha (うちはシスイ, Uchiha Shisui), juga diketahui sebagai "Shisui si Tubuh Berkedip" (瞬身のシスイ, Shunshin no Shisui; TV Inggris "Shisui the Teleporter"), dulunya adalah shinobi dari Klan Uchiha di Konohagakure.

Latar Belakang Edit

Lahir dalam klan Uchiha, Shisui tercatat menjadi salah satu anggota paling berbakat dari klan terkenal itu.[1] Pada beberapa titik di masa lalu, ia berhadapan dengan Ao dari Kirigakure yang mempertahankan memori akut warna chakra Shisui, serta kemampuan Uchiha untuk mengendalikan orang lain dengan kemampuan Mangekyo Sharingannya.[2]

Shisui tells to Hiruzen.png

Shisui mengatakan kebenaran kepada Hiruzen.

Ketika teman terbaik Shisui, Itachi Uchiha, mulai bertindak "aneh", Shisui diperintahkan oleh Pasukan Polisi Militer Konoha untuk memantau Itachi karena posisi yang sang Uchiha muda di Anbu berperan sebagai status masa depan Uchiha di Konoha.[3] Saat Uchiha terus tumbuh marah dan lebih keras dari ketidakpercayaan desa karena dugaan keterlibatan mereka dalam Serangan Ekor-Sembilan di Konoha, Shisui bingung bahwa klan tidak akan bisa dihentikan dari rencana kudeta dan Shisui sangat prihatin dengan konsekuensi yang akan mengikuti tindakan mereka. Shisui mendekati Hiruzen Sarutobi mengungkapkan kebenaran kepada Hokage Ketiga. Mempercayai Shisui, mengingat dia adalah keturunan Kagami Uchiha, Hiruzen memungkinkan Uchiha untuk memata-matai klan untuk desa. Pada akhirnya, diputuskan bahwa Shisui akan menggunakan Kotoamatsukami nya pada Fugaku Uchiha untuk mengakhiri rencana kudeta. Kemudian, saat Shisui siap untuk memulai rencananya, Danzō Shimura, percaya bahwa hanya memanipulasi pemimpin Uchiha tidak akan mengakhiri konflik, dan memilih untuk mengambil mata Shisui untuk dirinya sendiri dalam keinginan untuk melindungi desa dengan caranya sendiri. Sementara Shisui mudah menundukkan Danzō pada awalnya, namun akhirnya Shisui lengah saat sang orang tua menggunakan teknik dilarang Izanagi dengan Sharingan lain sudah di tangannya untuk melepaskan diri dan mencuri mata kanan Shisui. Saat Danzō dan anak buahnya mengepung Shisui untuk mengambil mata kiri, Shisui berhasil melarikan diri.[4]

Shisui gives his eye.png

Shisui mempercayakan mata yang tersisa untuk Itachi.

Khawatir bahwa Danzō tidak percaya Shisui untuk menghentikan pemberontakan Uchiha dan bahwa penatua akan terus mengejar mata kirinya juga, Shisui mempercayakan kepada Itachi, menyuruhnya untuk melindungi desa dan nama Uchiha.[5] untuk mencegah konflik yang timbul dari atas matanya dalam klan, Shisui menulis catatan bunuh diri dan membuatnya tampak seolah-olah dia telah menghancurkan matanya ketika melompat dari tebing di Sungai Naka untuk bunuh diri.[6] Ia, pada saat yang sama, mampu menghapus keberadaannya, tanpa meninggalkan mayatnya.[6][7] Dalam anime, Shisui juga berharap untuk menggunakan kematiannya untuk membangkitkan Mangekyo Sharingan Itachi.

Kepribadian Edit

Itachi adalah teman terbaik Shisui; pada kenyataannya, Itachi menganggapnya sebagai saudara.[8] Shisui mengajarkan Itachi bahwa "pengorbanan diri... seorang shinobi tak bernama yang melindungi perdamaian dari dalam bayangannya..." adalah tanda sejati shinobi.[9] Shisui juga sangat dikhususkan oleh klan, yang mengapa Pasukan Polisi Militer Konoha memintanya untuk memata-matai Itachi. Hal ini karena devosi ini bahwa polisi tidak percaya dia bisa bunuh diri.[1]

Meskipun Shisui dikhususkan oleh klan, ia bahkan lebih dikhususkan untuk kesejahteraan desanya, sifatnya sendiri pada klan tampak diabaikan. Pengabdiannya kepada desanya begitu kuat bahwa ia tidak pernah menjadi korban Kutukan Kebencian saat kebangkitan Sharingan atau bahkan Mangekyo Sharingan. Dia bahkan pergi jauh untuk mencoba menempatkan klan di bawah genjutsu untuk menghentikan mereka dari kudeta yang akan mengakibatkan perang saudara.[10] Namun, ini gagal ketika Danzō mencuri mata kanannya. Mengetahui Danzō akan membawanya untuk mencuri mata kirinya juga, ia memutuskan untuk mencegah Danzō dari mencuri itu untuk mencegah dia dari mendapatkan terlalu banyak kekuasaan. Dengan pemikiran ini, ia dipercayakan mata kirinya untuk Itachi dan menyuruhnya untuk melindungi desa dan mampu mati dengan senyum mengetahui desa akan berada di tangan yang baik meskipun semua ia telah melalui sebelum kematiannya.[11] Shisui bahkan pergi jauh untuk menghapus keberadaannya sendiri untuk mencegah mayatnya jatuh ke tangan yang salah, yang secara tidak sengaja, mencegah dia dari direinkarnasi oleh Kabuto beberapa tahun kemudian dan dipaksa untuk melawan desanya sendiri. Menurut Itachi, ia dan Naruto Uzumaki memiliki cita-cita dan tujuan yang sama.[6]

Seperti Itachi, Shisui tidak terlihat untuk menikmati membunuh orang dan lebih memilih untuk menggunakan metode non-mematikan bila memungkinkan seperti yang ditunjukkan pada menggunakan genjutsu untuk menakut-nakuti skuad Ao ketika itu menyatakan ia bisa membunuh seluruh skuadnya dengan mudah. Shisui juga menggunakan genjutsu pada Danzō, yang akan segera hilang, bukannya membunuh dia yang jelas-jelas mencoba untuk mencuri matanya.

Penampilan Edit

Shisui-Full.png

Shisui Uchiha.

Dia memiliki banyak kemiripan dengan leluhurnya Kagami Uchiha, Shisui juga memiliki rambit pendek, berantakan, berwarna gelap dan hidung relatif besar dan bulu mata yang terdefinisi dengan baik, yang berbalik ke atas pada setiap akhirnya. Namun dalam anime, garis ini tiak seluruhnya. Dia mengenakan pakaian standar dari klan Uchiha yang mencakup, pakaian berwarna gelap berkerah tinggi bersama dengan tanto diikat ke sisi kanan belakang bahunya. Dia juga mengenakan apa yang tampaknya menjadi tempat untuk tanto nya yang terlihat di depan dada dan diikat di atas kedua bahunya. Selama waktunya di pasukan reguler, Shisui mengenakan seragam standar Konoha-nin.

Kemampuan Edit

Shisui the teleporter anime.PNG

Shisui menggunakan Teknik Kedipan Tubuh.

Shisui tercatat menjadi salah satu anggota paling berbakat dari klan Uchiha. Dia mendapat julukan "Shisui si Badan Berkedip" karena ia pengguna hebat dari Teknik Kedipan Tubuh.[1] Shisui sering menggunakan Teknik Kedipan Tubuh yang memudar dari pandangan, tanpa meninggalkan jejak baik kehadirannya atau tujuannya. Dia sering memanfaatkan ini untuk sinyal pertemuan pribadi dengan Itachi kapanpun ia punya urusan.[4] Kemampuannya juga membuatnya menjadi kapten tim sendiri. Demikian juga, seluruh skuad Kiri-nin langsung memilih untuk melarikan diri setelah mengetahui kehadirannya.[4] Sebuah bukti lebih lanjut untuk kehebatannya adalah bahwa Kabuto Yakushi ingin menghidupkan dia untuk perang tetapi gagal menemukan sampel DNA yang cukup.[7] Dia juga ditampilkan memiliki tingkat menahan sakit yang tinggi, seperti saat ia tidak bergeming dari mencabut salah satu matanya.[4][11] Dia juga memegang sebuah tanto yang dia mungkin mahir menggunakannya.[11]

Transformasi Alam Edit

Karena tradisional bagi Klan Uchiha, Shisui adalah pengguna mahir dari teknik Elemen Api, khususnya Teknik Bola Api Besar. Penggunaan teknik Shisui ini yang diperlukan banyak tingkat Anbu untuk mengimbangi pengguna Eleme Air.[4]

Dōjutsu Edit

Sharingan Edit

Seperti banyak anggota klan lain, Shisui adalah pengguna dari Sharingan. Di samping temannya Itachi, ia dipuji karena keterampilan yang unggul baik, penguasaan, dan kekuasaan dalam penggunaannya.[1] Dengan ini, dia mendapatkan akses ke kemampuan generik dojutsu seperti melihat chakra, memprediksi gerakan, dan menempatkan korban di bawah genjutsu hanya dengan sekejap. Hadir sebagai pengguna genjutsu yang paling kuat dari klan nya,[9] dengan kecakapan genjutsu yang cukup kuat untuk bahkan menjebak pengguna kuat lain dari Sharingan, seperti Danzō, memaksanya untuk menggunakan Izanagi.[4] Shisui juga mampu menjebak beberapa individu dalam genjutsu nya dari jarak yang jauh.[4]

Mangekyō Sharingan Edit

Berkas:Mangekyō Sharingan Shisui.svg.png

Shisui adalah salah satu dari beberapa anggota dalam sejarah klan yang mampu membangkitkan Mangekyo Sharingan. Desainnya adalah empat poin kincir dan memberikan kepadanya akses ke kuat teknik genjutsu, yang kuat dan unik serta tercatat menjadi kaliber tertinggi, Kotoamatsukami.[9] Teknik ini memungkinkan dia untuk memasuki pikiran seseorang dan memanipulasi mereka dengan memberi mereka pengalaman palsu, membuatnya tampak seolah-olah mereka melakukan hal-hal pada kehendak bebas mereka sendiri; korban tidak akan tahu mereka sedang dimanipulasi.[12]

Kemampuan ini sangat unik dan kuat, bahkan Obito menginginkannya untuk dirinya sendiri dan marah karena Danzō berhasil menghancurkan mata itu sebelum ia meninggal.[13] Kabuto juga sangat senang ketika mengetahui bahwa mata yang tersisa berada dalam gagak Itachi.[14] mata Shisui juga terlihat sebagai sesuatu harta bahkan di dalam klan sendiri, seperti sebelum kematiannya dia harus memastikan bahwa itu tampak seperti dia telah menghancurkan mereka sebelum ia meninggal, karena khawatir hal itu akan berakhir dalam konflik lain.[6]

Dalam anime, Mangekyo Sharingan Shisui juga memiliki kemampuan untuk mewujudkan Susanoo. Itu hijau dalam warna, dan Shisui mampu mewujudkannya dalam bentuk lengkap. Hal ini juga memegang seperti tombak bor.[15]

Warisan Edit

Kotoamatsukami123.png

Mata kiri Shisui ditanamkan di gagak.

Sepanjang hidupnya dan bahkan dalam kematian, Shisui sangat mempengaruhi Itachi sebagai teman dalam mengajarkan pengorbanan diri dan bagaimana shinobi sejati harus melindungi desanya dari dalam bayangan. Hal ini mungkin mempengaruhi Itachi dalam tindakannya di masa depan untuk menghentikan perang saudara mungkin dalam desa yang mungkin telah meningkat menjadi perang dunia.[10] Usaha Shisui untuk menghapus mayatnya berhasil karena bahkan Kabuto Yakushi mengungkapkan bahwa ia tidak dapat menemukan itu dalam upaya untuk menghidupkan kembali sang Uchiha untuk Perang Dunia Shinobi Keempat.[7] Meskipun meninggalkan catatan, yang mengklaim bahwa ia lelah melaksanakan tugas klan, polisi menduga bahwa Itachi telah membunuh dia dan menggunakan Sharingan nya untuk menulis catatan bunuh diri, karena bunuh diri adalah sangat tidak mungkin bagi seseorang karakter Shisui.[16] Menggunakan kematian Shisui untuk keuntungannya, Itachi kemudian mengatakan kepada Sasuke Uchiha bahwa dia membunuh Shisui untuk membangunkan Mangekyō Sharingannya dan membuat catatan bunuh diri, semua dalam upaya untuk memotivasi Sasuke untuk membunuh dia sebagai hukuman atas kejahatannya.[17]

Bahkan beberapa tahun setelah kematiannya, kekuatan dan tindakan Shisui meninggalkan jejak mereka di dunia. Sementara Danzō menggunakan mata yang dia curi untuk agenda yang dipertanyakan untuk mempertahankan desa mereka, Itachi menyimpan mata lain Shisui untuk menghormati permintaan terakhir temannya untuk melindungi desa dan nama baik klan mereka.[11] Memasukkan mata di tubuh gagak, Itachi membuat pengaturan akhir untuk menanamkan burung di tubuh Naruto sebagai tindakan balasan terhadap Sasuke jika ia belajar kebenaran di balik kematian klan Uchiha dan berusaha menghancurkan Konoha.

Namun, karena kekuatan yang sangat besar adgar mata Shisui diaktifkan, mereka akhirnya dihancurkan untuk mencegah mereka dari jatuh ke tangan musuh: Danzō menghancurkan mata di saat-saat terakhirnya untuk menjaga Tobi dari memperolehnya, dan reinkarnasi Itachi, setelah Kotoamatsukami digunakan pada dirinya, dibakar gagak. Tapi Itachi juga menyatakan bahwa di atas segalanya, Shisui menginginkan seseorang untuk mewarisi kehendak dan cita-citanya, dan percaya Naruto menjadi orang itu.[18]

Video Games Edit

Nama Permainan  Rilis Bahasa Jepang

Rilis Bahasa Inggris

Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm Revolution 11 September 2014 16 September 2014
Shisui Susanoo.jpg

Susanoo milik Shisui.

Sesuai dengan moniker nya, kekuatan Shisui sebagian besar mengandalkan serangan kecepatan belaka. Dia juga ditampilkan menggunakan Elemen Api tanto dan kunai nya untuk lebih kuat dan serangan lanjutan. Serangan Timnya adalah Elemen Api terpadu diikuti oleh kecepatan serangan nyala Itachi.

Selain itu, khusus untuk rilis game ini, Shisui dapat menggunakan Susanoo berwarna hijau. Ini menggunakan seperti tombak bor yang dapat digunakan sebagai fashion dan juga berbarengan dengan Elemen Api Shisui untuk menciptakan pusaran api. Hal ini juga dapat melepaskan rentetan jarum energi. Ini dirancang oleh Masashi Kishimoto sendiri.

Trivia Edit

  • Nama Shisui memiliki dua arti yang dapat ditafsirkan. Menggabungkan kata-kata Shi (死, Mati) dan Sui (水, Water), Shisui akan berarti "air kematian", yang merupakan referensi kematiannya karena tenggelam. "Shisui" (止水) sendiri berarti "tetap air" atau "tergenang air".
  • Sementara dikatakan bahwa Shisui adalah "keturunan" (子孫, shison) Kagami Uchiha, hubungan yang tepat mereka tidak diketahui.

Kutipan Edit

  • (Untuk Itachi) "...Kau sahabatku dan satu-satunya yang bisa diandalkan... Melindungi desa... dan nama Uchiha.'"[11]

Referensi Edit

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 Naruto bab 222, halaman 7
  2. Naruto bab 459, halaman 14-15
  3. Databook Kedua, halaman 38-39
  4. 4,0 4,1 4,2 4,3 4,4 4,5 4,6 Naruto: Shippūden episode 358
  5. Naruto bab 590, halaman 5-6
  6. 6,0 6,1 6,2 6,3 Naruto bab 550, halaman 11
  7. 7,0 7,1 7,2 Naruto bab 520, halaman 15
  8. Naruto bab 222, halaman 5
  9. 9,0 9,1 9,2 Naruto bab 550, halaman 10
  10. 10,0 10,1 Naruto bab 590, halaman 5
  12. Naruto bab 459, halaman 15
  13. Naruto bab 482, halaman 13
  14. Naruto bab 550, halaman 13
  15. Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Storm Revolution OVA
  16. Naruto bab 222, halaman 4-7
  17. Naruto bab 225, halaman 3
  18. Naruto bab 552, halaman 11

Around Wikia's network

Random Wiki