Fandom

Narutopedia Indonesia

Teknik Enam Jalan

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang teknik yang diberikan Rinnegan. Jika anda mencari artikel tentang Enam Jalan yang menggunakan tubuh berbeda anda harus lihat Enam Jalan Pain.
Teknik Enam Jalan[1]
Nagato using the Asura Path.png
Nama
Kanji 六道の術
Rōmaji Rikudō no Jutsu
Harfiah Teknik Enam Jalan
Debut
Manga Volume #41, Bab #379
Anime Naruto Shippūden Episode #132
Film Road to Ninja: Naruto the Movie
Permainan Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Heroes 3
Penampilan Anime, Manga, Permainan, dan Film
Informasi
Klasifikasi Rinnegan.svg Kekkei Genkai, Ninjutsu, Dōjutsu
Kelas Menyerang, Bertahan, Tambahan
Jutsu Turunan
Jalan Asura
Jalan Deva
Jalan Hewan
Jalan Manusia
Jalan Naraka
Jalan Preta
Jutsu Terkait
Enam Jalan Pain
Pengguna
Hagoromo Ōtsutsuki
Madara Uchiha
Nagato
Obito Uchiha
Sasuke Uchiha

Teknik Enam Jalan (六道の術, Rikudō no Jutsu) adalah asal dari teknik unik yang diberikan oleh Rinnegan. Meskipun namanya enam jalan , sebenarnya total ada tujuh jalan yang memberikan pengguna kekuatan yang mendekati kemampuan dewa-seperti:

  • Jalan Deva (天道, Tendō), yang memungkinkan seseorang untuk memanipulasi kekuatan menarik dan mendorong suatu objek.
  • Jalan Asura (修羅道, Shuradō), yang memberikan pengguna anggota tubuh mekanik, persenjataan dan perlengkapan pelindung.
  • Jalan Manusia (人間道, Ningendō), yang memeberi kemampuan untuk mencabut nyawa, dan juga membaca pikiran seseorang.
  • Jalan Hewan (畜生道, Chikushōdō), yang memungkinkan pengguna memanggil berbagai jenis makhluk.
  • Jalan Preta (餓鬼道, Gakidō), yang dapat menyerap berbagai macam transformasi chakra, terutama ninjutsu.
  • Jalan Naraka (地獄道, Jigokudō), yang dapat memanggil dan mengendalikan Raja Neraka.
  • Jalan Luar (外道, Gedō), yang mengatur kehidupan dan kematian.

Ini semua awalnya kemampuan yang digunakan oleh satu orang, tetapi karena Nagato lumpuh pada awal hidupnya, ia menciptakan Enam Jalan Pain. Melalui penggunaan dari Jalan Luar, ia mampu mengendalikan enam mayat sebagai badan tambahan dan menyalurkan kemampuan Enam Jalan tersebut ke masing-masing mayat, menjadi kompensasi untuk keterbatasan fisiknya. Namun, kekuatan dan kecepatan teknik tetaplah lebih besar bila digunakan melalui tubuh utama daripada ketika digunakan melalui mayat,[2] dan beberapa Jalur juga dapat diaktifkan secara bersamaan oleh tubuh utama, ada keuntungan yang didapat dari penggunaan mayat. Karena penglihatan tubuh utama yang terkait dengan Rinnegan yang dimiliki oleh mayat, pengguna dapat dengan mudah mengkoordinasikan gerakan mereka dan memberi bentuk perlindungan, karena pengguna dapat mengontrol mayat dari jarak jauh, daripada menempatkan tubuh mereka sendiri yang berisiko. Juga, jika pengguna adalah tipe sensor yang terampil, mereka dapat terus-menerus mengubah frekuensi chakra mereka untuk menghindari jejaknya ditelusuri kembali.

Pengaruh Edit

Berdasarkan Enam Jalan Reinkarnasi Buddha, masing-masing teknik diberi nama salah satu Jalan yang berbeda, yaitu: Deva, Asura, Manusia, Hewan, Preta, dan Naraka. Setiap Jalan atau alam ini, merupakan salah satu alam makhluk terlahir kembali ke dalam kehidupan setelah kematian, ditentukan oleh akumulasi karma dari kehidupan masa lalu mereka. Sementara dua Jalan yang lebih rendah, Preta dan Naraka, adalah neraka, dan dua Jalan yang lebih tinggi, Deva dan Asura, surgawi, semua enam Jalan dianggap penderitaan karena mereka melanggengkan siklus Reinkarnasi; satu-satunya cara untuk mematahkan dan naik ke tingkat yang lebih tinggi dari keberadaan adalah untuk mencapai pencerahan.

Trivia Edit

  • Dalam Naruto Shippūden: Shinobi Rumble, teknik yang disebut Teknik Enam Jalan digunakan oleh Enam Jalan Pain milik Nagato. Dalam varian ini, Nagato menghasilkan bola berukuran sebesar puing di atas kepala, kemudian menyodorkan tangannya ke bawah, mengirimnya menabrak tanah seperti meteor. Ditingkatkan, Kecepatan Penuh teknik yang disebut Jutsu Enam Jalan: Kehancuran (六道の術・崩壊, Rikudō no Jutsu: Hōkai) juga dapat dilakukan.

Referensi Edit

  1. Naruto bab 606, halaman 15
  2. Naruto bab 551, halaman 9

Also on Fandom

Random Wiki