Fandom

Narutopedia Indonesia

Tsukuyomi Tak Terbatas

1.163pages on
this wiki
Add New Page
Comments0 Share

Harap diperhatikan bahwa ini adalah artikel Narutopedia Indonesia tentang genjutsu. Jika anda mencari artikel tentang bab anda harus lihat Tsukuyomi Tak Terbatas.
Tsukuyomi Tak Terbatas[1]
  • Setelah Rinne Sharingan dipancarkan ke bulan…
  • …sebuah cahaya genjutsu menyinari seluruh dunia…
  • …dan menjebak semua makhluk ke dalamnya.
Nama
Kanji 無限月読
Rōmaji Mugen Tsukuyomi
Harfiah Pembaca Bulan Tak Terbatas
Lain Tsukuyomi Terbatas (限定月読, Gentei Tsukuyomi)
Debut
Manga Volume #63, Bab #606
Anime Naruto Shippūden Episode #205
Film Road to Ninja: Naruto the Movie
Penampilan Anime, Manga, dan Film
Informasi
Klasifikasi Rinne Sharingan.svg Kekkei Mōra, Genjutsu, Dōjutsu
Tipe Nature Icon Yin.svg Elemen Yin
Kelas Tambahan
Jangkauan Semua jarak
Segel Tangan Domba
Jutsu Terkait
Dewa: Kelahiran Dunia Pohon
Pengguna
Kaguya Ōtsutsuki
Madara Uchiha
Obito Uchiha

Tsukuyomi Tak Terbatas adalah sebuah teknik yang merupakan kunci Rencana Mata Bulan.

DeskripsiEdit

Ten-Tails Rinne Sharingan.png

Tsukuyomi Tak Terbatas dipancarkan melalui Ekor-Sepuluh.

Pengguna menciptakan dimensi kosong di bawah kendali mereka, yang kemudian dapat diisi sesuai keinginan mereka, dengan menggunakan kekuatan Ekor-Sepuluh untuk melakukannya. Sementara secara fisik terhubung ke Patung Iblis dari Jalan Luar, Madara mampu melemparkan genjutsu yang sama, meskipun pada skala yang lebih kecil, hanya menggunakan Sharingan biasa. Setelah melakukannya, Madara bisa memanipulasi dunia yang dinyatakan kosong dan putih untuk menciptakan sesuatu yang ia inginkan, tidak peduli seberapa rinci.

Eye of the Moon Plan.png

Para korban diikat menggunakan kekuatan hidup dari Shinju.

Untuk menjebak setiap makhluk hidup di dunia dalam genjutsu ini, bagaimanapun, Rinne Sharingan Kaguya harus terpantul di permukaan bulan. Untuk melakukan hal ini, dengan pengecualian Kaguya yang memakan buah chakra Shinju, yang pertama harus menjadi jinchūriki Ekor-Sepuluh. Genjutsu dapat dilemparkan menggunakan mata yang terbuka di bagian atas bentuk pohon Ekor-Sepuluh atau mata ketiga yang membuka di dahi jinchūriki.

Kaguya menggabungkan kekuatan Rinne Sharingan-nya dan Byakugan untuk mengendalikan seluruh makhluk hidup. Teknik ini juga dapat dipantulkan oleh bulan, pada saat aktivasi teknik ini, cahaya dari mata bulan menerangi seluruh planet, mengubahnya menjadi terang seperti siang dan mustahil untuk melarikan diri. Semua makhluk hidup bermandikan cahaya dan segera terjebak di dalam genjutsu. Hal ini menyebabkan refleksi dari Rinnegan muncul di mata. Pengguna kemudian dapat menggunakan teknik Dewa: Kelahiran Dunia Pohon untuk menjerat target, mengasimilasi kekuatan hidup mereka dengan akar dari Shinju. Setelah teknik ini dilakukan, orang tersebut terkunci dalam genjutsu abadi, di mana mereka mengalami dunia mimpi berdasarkan keinginan masing-masing, namun akan hidup selamanya karena kekuatan pohon. Setelah selesai, mereka ditambatkan ke Shinju akan menjadi terkuras segala sesuatu yang mereka miliki dulu dan dikurangi menjadi cangkang diri mereka sebelumnya, dan akhirnya menjadi Zetsu Putih — pasukan yang ideal untuk Kaguya.[2]

KelemahanEdit

Cara MelawanEdit

Meskipun sifatnya yang tampak seperti tak terhindarkan, Tsukuyomi Tak Terbatas bisa dimentahkan melalui cara tertentu:

  • Rinne Sharingan pengguna dicerminkan ke bulan dalam jangka waktu terbatas setelah teknik telah diaktifkan. Mereka yang menghindari cahaya ini tidak akan terjebak dalam genjutsu. Menggunakan Rinnegan-nya, Sasuke Uchiha mampu melindungi dirinya besrta timnya dengan menutupi mereka dengan Susanoo-nya sampai cahaya menghilang. [3]
  • Hagoromo Ōtsutsuki menyatakan bahwa orang dengan chakra dari sembilan monster berekor dan pengguna Rinnegan harus membentuk segel tangan tikus bersama-sama untuk membatalkan teknik ini.[4] Sasuke kemudian mengklaim dia akan bisa membatalkan teknik hanya dengan menggunakan monster berekor di bawah kendalinya. [5] Setelah teknik dibatalkan, semua akar yang digunakan untuk mengikat korban layu, seperti semua Zetsu Putih yang tersisa.[6]

KetahananEdit

Individu tertentu tidak terpengaruh oleh Tsukuyomi Tak Terbatas, meskipun terkena cahaya, diantaranya:

Mimpi DiketahuiEdit

Setelah terperangkap dalam ilusi, mimpi beberapa karakter menunjukkan:

Varian Bukan CanonEdit

Tsukuyomi TerbatasEdit

Dalam Road to Ninja: Naruto the Movie, Obito menggunakan versi ujicoba dari Tsukuymoi Tak Terbatas yang disebut "Tsukuyomi Terbatas" (限定月読, Gentei Tsukuyomi), kepada Naruto dan Sakura yang menyediakan latar realitas alternatif film. Bukannya memancarkan ke bulan, ia malah menggunakan bola kristal untuk menjadi media melemparkan teknik ini dan menuju dunia alternatif.

Trivia Edit

  • "Mugen" (夢幻) juga dapat diartikan sebagai "mimpi, fantasi, visi" yang sesuai dengan penggunaan teknik ini.
  • Dalam Road to Ninja: Naruto the Movie, ketika Obito menggunakan Tsukuyomi Terbatas dan pencerminan mata Ekor-Sepuluh muncul dengan tujuh tomoe, sesuai dengan jumlah monster berekor yang telah ditangkap Akatsuki.
  • Mengira bahwa genjutsu ini adalah teknik Rinnegan, Sasuke yakin bahwa ia dapat mematahkan teknik ini menggunakan Rinnegan juga.[8] Yang kemudian terbukti kebenarannya meskipun sebagian.

Lihat JugaEdit

ReferensiEdit

  1. Databook Keempat, halaman 295
  2. Naruto bab 679, halaman 8-9
  3. 3,0 3,1 Naruto bab 677, halaman 14
  4. Naruto bab 692, halaman 7
  5. Naruto bab 693, halaman 2
  6. Naruto bab 699, halaman 8-11
  7. Naruto bab 677, halaman 16
  8. Naruto bab 678, halaman 11

Also on Fandom

Random Wiki